5 Langkah Mengembalikan Semua File Flashdisk yang Hilang Tanpa Jejak

 Flashdisk rusak

Assalamu'alaikum wr.wb
Pada kesempatan kali ini saya ingin men-share sedikit pengalaman yang manis yaitu tentang pengalaman ketika ada teman saya yang tiba-tiba minta tolong karena file flashdisknya hilang semua. :o Waktu itu saya belum tau apa-apa tentang bagaimana cara mengembalikan file tersebut.

Menurut kabar-kabar yang pernah saya dengar katanya flashdisk yang terhapus bisa dikembalikan. Akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada mbah google (red) hehe... ternyata di sana sudah banyak blog ataupun website yang menjelaskan tentang bagaimana cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

Namun ternyata dalam mencoba cara-cara yang saya baca itu mengalami beberapa kali kegagalan . Namun dengan sedikit ketelitian akhirnya file tersebut sukses dimunculkan kembali :) . Karena itulah saya termotivasi untuk men-share di blog saya sendiri yang bertujuan untuk memudahkan temen-temen yang sudah sering kali mengunjungi blog saya. Paling nggak buat pengetahuan ntah suatu saat nanti bermanfaat buat diri sendiri ataupun orang lain.
Oke.. Sebelum kita masuk keinti permasalahan ndak ada salahnya jika kita mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan demi kesuksesan memecahkan masalah diatas.

Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Harus cermat dan teliti dalam menuliskan program.
2. Sabar .
3. Optimis.
4. Flashdisk belum di format .

Jika keempat perhatian tersebut sudah terpenuhi,  Sekarang kita masuk ke pembahasan inti yaitu langkah-langkah mengembalikan file yang hilang di flashdisk.

Langkah-langkahnya adalah sebagai  berikut:

1. Klik menu start
2. Buka Command Prompt (cmd) atau bisa juga tuliskan cmd dikolom pencarian kemudian buka cmd.
Jika sudah terbuka
3. Ketik e: atau :f atau :g tuliskan sesuai letak folder flashdisknya. Kemudian enter
4. Ketik dir kemudian enter
5.Ketik attrib -s -h /s /d kemudian enter  . Perlu di perhatikan penulisan yang benar ada spasinya attrib spasi -s spasi -h spasi /s spasi /d .
... Nah jadi deh ...

Jika kamu mengalami masalah dengan langkah-langkah diatas hubungi saya . Bisa lihat kontaknya di about me.

Terimakasih sekian dari saya.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Read More »

Aplikasi Fungsi dan Kurva Permintaan

 Aplikasi Fungsi dan Kurva Permintaan
Assalamu'alaikum wr.wb
Salam sejahtera bagi kita semua
 Kembali hadir. Saya Much. Nasih Amin dalam kajian mata kuliah matematika ekonomi. (Seperti mc red..). Yang saya share dipostingan ini adalah matematika ekonomi yang berjudul "Aplikasi Fungsi dan kurva permintaan". Langsung saja kita masuk pada pembahasannya.
Pada Materi Kuliah Ekonomi Mikro telah dijelaskan bahwa permintaan adalah berbagai jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga. Dengan hukum yang berbunyi,"jika harga naik, maka permintaan menurun. Dan jika harga turun, maka permintaan akan naik".

Contohnya seperti pada gambar kurva 4.1. Dimana ketika variabel harga dititik P2 dan variabel kuantitas permintaan berada dititik X2 . Ketika variabel harga berada dititik Po, maka variabel kuantitas permintaan berada di Xo. Dan ketika variabel harga berada dititik P1, maka variabel kuantitas permintaan berada dititik P1. Artinya bahwa ketika variabel harga dan variabel kuantitas permintaan berada dititik Po dan Xo barubah menjadi P2 dan X2 berarti variabel harga naik dan variabel permintaan turun .

Dan ketika Po dan Xo menjadi P1 dan X1, berarti variabel harga turun dan variabel permintaan meningkat. Hubungan antara variabel harga dan variabel kuantitas tersebut dapat dinyatakan dalam suatu formula yang disebut fungsi permintaan. Sedangkan fungsi permintaan sendiri adalah hubungan antara variabel yang menentukan/mempengaruhi jumlah yang diminta. Dengan istilah variabel harga yang biasa disebut dengan independent variabel dan variabel jumlah yang diminta yang sering disebut dengan dependent variabel.

Hubungan kedua variabel tersebut dinyatakan dengan X sebagai fungsi P atau X=f(P) dimana X adalah variabel kuantitas dan P adalah variabel harga.

Dalam fungsi permintaan, variabel yang menentukan (independent variable) tidak selamanya satu (harga barang) tapi  terkadang lebih dari satu (disamping harga barang ada juga harga dan jumlah barang subtitusi. Hubungan variabel-variabel tersebut dinyatakan sebagai X1=f(X2,X3,X3,....) dimana X1 adalah variabel kuantitas atau jumlah barang yang diminta dan X2 adalah variabel harga barang tersebut, X3 adalah kuantitas atau jumlah barang substitusi yang diminta, X4 adalah harga barang substitusi tersebut dan demikian seterusnya.

Pola hubungan variabel jumlah yang diminta dengan variabel harga, dapat berbentuk garis lurus (fungsi linear), garis tidak lurus (fungsi nonlinear) antara lain fungsi kuadrat , fungsi pecah, dan fungsi eksponensial.

Demikian yang bisa saya sampaikan. Tak ada yang sempurna didunia ini kecuali Sang Kholiq. Atas segala kekuangannya mohon maaf dan sampai jumpa :)

Wassalamu'alaikum wr.wb
Read More »

PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT

PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT

السلام عليكم...

Bertemu lagi dengan saya diruang belajar sederhana ini yaitu blog blogspot gratis hehe

Pada pertemuan kali ini saya akan berbicara tentang sesuatu yang paling dasar yang pasti dimiliki oleh setiap negara yaitu dasar negara. Di Indonesia dasar negaranya adalah pancasila yang dilambangkan dengan lambang burung pancasila. Mungkin sudah tidak asing ditelinga kita karena dari dulu sekolah TK sampai di perguruan tinggi, nilai-nilai pancasila masih tersisipkan diantara makul perkuliahan yaitu pendidikan kewarganegaraan. Termasuk saya sendiri menemui makul ini diprodi ekonomi syariah STAIN PEKALONGAN semester 1. Maka dari itu tujuan penulisan saya ini adalah sebagai media belajar untuk saya pribadi khususnya dan umumnya untuk sekedar sebagai media pengingat untuk teman-teman seprodi juga untuk pembaca yang saya banggakan.

Setelah beberapa kali pertemuan dan beberapa kali dikasih tugas. Sekarang juga masih ada tugas  yang perlu diselesaikan dipertemuan yang akan datang. Sebagai referensi, akan saya tuliskan satu persatu tugas dan materinya. Nanti tinggal kalian kembangkan sendiri :) . Yang pertama, pertanyaannya adalah "jelaskan pengertian pancasila sebagai suatu sistem filsafat".

Saya mengambil referensi dari buku "pendidikan kewarganegaraan" karya PROF. DR. H. KAELAN, M.S dan DRS. H. ACHMAD ZUBAIDI, M,Si dosen  UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA. Yang telah saya revisi dengan bahasa saya sendiri.
    
Pancasila sebagai suatu sistem filsafat. Artinya Pancasila mampunyai nilai-nilai yang sangat mendasar melihat posisinya sebagai dasar negara berarti bahwa pancasila merupakan sesuatu yang pokok untuk membuat suatu undang-undang atau peraturan negara Indonesia. Artinya  bahwa semua undang-undang atau segala aturan  dan peraturan yang ada di Indonesia berdasar pada pancasila, baik itu peraturan yang real maupun peraturan yang abstrak.
    
Nilai-nilai Pancasila sendiri terdapat pada pembukaan Undang-undang 1945 yang didalamnya ada beberapa pokok kaidah yang sangat mendasar sebagai alasan bahwa Undang - undang Dasar 1945 tidak lepas dari dasar negara Indonesia yaitu pancasila. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Dalam pokok pikiran yang pertama menjelaskan tentang persatuan. Dimana setiap warga negara berhak mendapatkan rasa aman. Dikaitkan dengan pancasila maka nilai persatuan ada pada pancasila sila ketiga.

Dalam pokok pikiran yang kedua menjelaskan tentang keadilan sosial, dimana tujuan negara Indonesia adalah menciptakan lingkungan yang seimbang tanpa adanya tumpang tindih parameter. Dibahasan tersebut dapat dikategarikan dalam sila yang terakhir (kelima) yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemudian masuk kedalam pokok pikiran yang ketiga yang menunjukkan tentang negara yang mempunyai sistem kedaulatan rakyat, dimana setiap sesuatu keputusan harus berdasarkan musyawarah.  Dikaitkan dengan pancasila, nilai ini termasuk dalam sila yang keempat.

Dan nilai-nilai yang terkandung dalam pokok pikiran yang keempat adalah Tuhan yang esa dan manusia yang beradab, dimana setiap warga negara Indonesia adalah masyarakat beragama ber Tuhan esa, sehingga mereka berjalan sesuai dengan peraturan yang ada. Berkaitan dengan Tuhan esa dan manusia beradap, maka termasuk pada pancasila sila pertama dan sila kedua.

Dari penjelasan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa Undang-undang-undang Dasar 1945 masih sangat berhubungan dengan pancasila tanpa ada penyimpangan sedikitpun.

Kita sebagai generasi bangsa seharusnya tahu akan hal itu. Karena pancasila juga sebagai batasan-batasan untuk langkah kita kedepan. Dan akhirnya, atas segala kekhilafan, mohon maaf yang sebesar-besarnya .

اخرالكلام
والسلام عليكم...
Sampai jumpa,,, :)
Read More »

EDIT VIDEO KEREN DENGAN SMARTPHONE


EDIT VIDEO KEREN DENGAN SMARTPHONE
Assalamu'alaikum wr.wb.

     Pada postingan ini saya akan sedikit memberitahu kepada sobat-sobat yang suka otak-atik smartphone. Atau buat sobat-sobat yang suka nganggur :) . Bahwa dalam playstore ada aplikasi yang namanya vivavideo dimana aplikasi tersebut berfungsi untuk meng edit video ataupun membuat video dengan fitur yang kategorinya lengkap :)

     Dalam aplikasi ini kita disandingkan dengan fitur-fitur yang keren karena kita bisa menambahkan musik, animasi, teks, dan fitur-fitur lainnya yang lebih keren. Cara mendapatkan aplikasi ini cukup mudah dengan mengunjungi tautan ini dari perangkat Android ANda. VivaVideo v 4.4.5 ( http://market.android.com/search?q=pname:com.quvideo.xiaoying ) atau bisa didownload dari aplikasi market lainnya. Dan cara menggunakannya juga cukup mudah. Tinggal buka aplikasinya dan pilih menu edit sesuai keinginan sobat :)

     Mungkin hanya itulah yang bisa saya sampaikan atas segala kekurangannya saya tunggu kritik sarannya .

Wassalamu'alaikum wr.wb
Good Luck :)
Read More »

TEORI NILAI MENURUT BEBERAPA TOKOH AHLI

Assalamu'alaikum wr.wb.
    Masih dalam pembahasan pendidikan kewarganegaraan. Untuk kali ini kita berbicara tentang teori nilai. Nilai yang dimaksud adalah nilai-nilai manusiawi
    
     Ada beberapa tokoh yang menyatakan bahwa nilai itu ada tingkatannya . Yang pertama adalah Max Scheler. Menyebutkan bahwa nilai terdiri dari empat tingkatan yaitu :
1. Nilai kenikmatan.
2. Nilai kehidupan.
3. Nilai kejiwaan.
4. Nilai kerohanian.
Tokoh yang kedua adalah Walter G.Everet yang menggolongkan nilai menjadi delapan kelompok yaitu :
1. Nilai ekonomis.
2. Nilai kejasmanian.
3. Nilai hiburan.
4. Nilai sosial.
5. Nilai watak.
6. Nilai estetis.
7. Nilai intelektual.
8. Nilai keagamaan.
Dan tokoh yang ketiga adalah notonagoro yang membagi nilai menjadi tiga yaitu:
1. Nilai material.
2. Nilai vital.
3. Nilai kerokhanian. Dibagi empat yaitu:
    a. Nilai kebenaran.
    b. Nilai keindahan.
    c. Nilai kebaikan.
    d. Nilai religius.
Dan tokoh tokoh lainnya seperti N.Recher dan masih banyak lagi tokoh tokoh lainnya.
     Demikianlah selayang pandang tentang teori nilai. Kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum wr.wb :)
Read More »

POWER POINT KONSEP ELASTISITAS


A.    Pengertian Elastisitas
B.     Elastisitas Permintaan
1. Elastisitas harga (price elasticity of demand)
Jenis Elastis Permintaan
a. Permintaan inelastis sempurna : elastisitas = 0.
b. Permintaan inelastis : elastisitas< 1
c. Permintaanuniterelastis :elastisitas =1
d. Permintaan elastis : elastisitas > 1
e. Permintaan elastis sempurna : elastisitas tak terhingga
2. Faktor yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan


  1. Tingkat kemudahan barang tersebut digantikan oleh barang lain;
  2. Besarnya proporsi pendapatan yang digunakan untuk membeli suatu barang ; 
  3.  Jangka waktu analisis perubahan-perubahan yang terjadi dipasar; dan
  4. Jenis barang yang dibutuhkan (barang pokok, barang mewah atau normal)

Silahkan lebih lengkapnya bisa didownload disini untuk pertemuan 13 oktober 2015. Demi kelancaran diskusi makalah Ekonomi Mikro. terimakasih
Read More »

CARA MENULIS TULISAN ARAB DI SMARTPHONE

CARA MENULIS TULISAN ARAB DI SMARTPHONE

السلام عليكم...
Apakabar? Semoga baik ya
Selamat datang kami ucapkan kepada pengunjung baru. Dan kami ucapkan selamat berkunjung kembali kepada sobat-sobat yang sudah pernah berkunjung. Dan saya berharap kalian tidak bosan-bosannya untuk selalu berkunjung diblog saya ini :)

     Dalam kehidupan sehari-hari di era yang sudah modern ini tentunya kita tak lepas dari yang namanya smartphone atau android. Hidup kita sebagian besar tergunakan untuk melihat layar ponsel smartphone. Entah itu untuk browsing, atau hanya sekedar ngecek inbok bbm atau lainnya. Selama kalian nge cek layar ponsel tentunya kalian pernah bertemu dengan tulisan arab. ya kan? Pastinya penasaran juga. Lhoh kok bisa menulis arab sih?

Tentunya bisa dong. Namanya aja smartphone. Ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi linux .
  
 Nah bagaimana caranya biar ponsel kalian bisa untuk menulis tulisan arab?
Gampang sekali .

Pertama kali Kita tinggal meluncur ke tombol pengaturan.
Selanjutnya kita masuk kemenu masukan dan bahasa.
Nah tinggal kita ganti bahasa key in/en(indonesia/english) ke ar(arab).
Mudah bukan?
Oo dipengaturan saya hanya ada beberapa bahasa dan tidak ada pilihan bahasa arab .
Oh begitu?

Jika tidak ada pilihannya ngamuk. Eits jangan marah dulu . Disini ada alternatifnya yaitu download aplikasi arabic keyboard  cari diplay store banyak tapi saya sarankan memakai go keyboard . Karena disamping bisa menulis tulisan arab, kita juga bisa memilih berbagai tema yang menarik .
Waahh kerenn...

Ya keren dong..

Oh iya hampir mau ketinggalan . Di aplikasi tersebut, kita bisa menulis tulisan arab plus ada harokatnya. Caranya adalah tekan agak lama pada tombol samping kirinya tombol titik. Nanti muncul pilihan harokatnya . Nah tinggal kita pilih.  Keren bukan? Fasilitas tersebut juga cocok untuk kalian yang sedang belajar bahasa arab yang berfungsi sebagai media belajar menulis contoh-contoh bahasa arab yang perlu diberi harokat.  :)

Nah setelah kalian tau dan bisa menggunakannya bisa dipertontonkan dikelas ataupun dimedsos :) biar kelihatan keren gitu loh hehehe.. nah itu dia yang bisa saya sampaikan salah benarnya saya minta maaf  yang sebesar -besarnya.  Ini dia link yangً Saya merekomendasikan GO Keyboard 2015 v 2.55. Kunjungi tautan tersebut dari perangkat Android ANda. GO Keyboard 2015 v 2.55 ( http://market.android.com/search?q=pname:com.jb.emoji.gokeyboard )
Dari saya cukup sekian.
والسلام عليكم..
الي اللقي
Read More »

SISTEM PERBANKAN DALAM MENJALANKAN RODA EKONOMI

Assalamu'alaikum sobat .
     Memasuki bidang ekonomi tak lepas dari perbankan, begitu juga dengan matematika ekonomi. Dalam matematika ekonomi kita juga pasti akan mendapatkan hitungan-hitungan (berhitung) tentang bank. Diantaranya adalah suku bunga, baik itu suku bunga tunggal ataupun suku bunga majmuk. Berbicara tentang suku bunga berarti kita sedang masuk kedalam pembahasan tentang bank konvensional. Keluar dari itu kita juga akan menemui bank muamalat ataupun bank syariah, yang didalamnya menggunakan sistem bagi hasil ( bunga dalam bank konvensional). Namun sebelum kita masuk lebih dalam, tak ada salahnya kita cari tahu dulu asal usul bunga ataupun bagi hasil itu sendiri. Untuk pengertian bunga dan bagi hasil bisa dicari sendiri digoogle :)
     Dalam sistem perbankan terdapat beberapa produk, diantaranya adalah produk tabungan, deposito, angsuran(kredit) dan lain sebagainya. Dimana tiap bank berbeda-beda dalam menentukan suku bunga (konvensional) dan bagi hasil (syariah/muamalat), baik itu dalam produk tabungan, deposito, ataupun angsuran serta memberikan layanan yang mudah yang bertujuan untuk menarik investor-investor. Selain itu, bank juga memperhatikan siklus ekonominya. pastinya bank mempunyai karyawan, gedung, peralatan, perlengkapan dan sebagainya yang disebut dengan biaya operasional. Nah dari mana dana untuk biaya-biaya tersebut didapatkan?  Tentunya dari produk-produk yang ada di bank itu sendiri. Yaitu tabungan, angsuran, deposito dan lain sebagainya dengan memasang tarif bunga dimana semua produk yang ada saling berhubungan satu dengan lainnya :)
Bacanya serius banget deh :v
Biasa aja keles :)
Hehehe...
Baiklah dari tadi kita sudah keluar masuk bank. Entahlah bank mana yang ada dipikiran kita sendiri-sendiri.
Oke kita bahas satu persatu dan kita kupas tuntas (red) kalo ndak tuntas lanjutkan sendiri ke perpus hehe...
Yang pertama kita tentukan dulu apa yang akan kita kupas.
1. Produk tabungan.
2. Produk angsuran.
3. Produk deposito.
Apa hubungannya tabungan dengan biaya operasional?
Tabungan sendiri adalah produk yang bersifat fleksibel dalam arti penarikan dapat dilakukan kapan saja tanpa adanya batasan waktu tertentu.
Mungkin tiap bank berbeda-beda dalam hal ini. Dan saya ambil contoh dari salah satu bank yang kategorinya adalah bank kecil. Dimana setiap tranksaksi atau hampir seluruh kegiatan transaksinya tidak dipungut biaya administrasi. Dalam hal tabungan bank tersebut memberikan bunga ataupun bagi hasil kepada investor. Apakah dari produk tabungan mampu menghasilkan biaya operasional?
Sepertinya tidak.
Kemudian kita masuk ke angsuran. Angsuran adalah piutang bank.
Oke. Dalam angsuran terdapat beberapa ketentuan-ketentuan periode. Dimana periode itu sendiri hampir sama dengan periode dalam deposito yang akan kita bahas setelah ini. Dan dalam bank yang saya contohkan ini memasang tarif bunga dua kali lipat bahkan tiga kali lipat dari bunga / bagi hasil tabungan maupun deposito.
Pertanyaannya. Apakah dari produk angsuran mampu menghasilkan biaya operasional?
Sepertinya bisa.
Oke kita lanjutkan dulu ke deposito.
Dalam produk ini termasuk dalam tabungan berjangka dimana para investor tidak bisa melakukan penarikan setiap saat karena dibatasi waktu secepat-cepatnya satu bulan dan paling lama adalah satu tahun. Disini juga terdapat bunga/bagi hasil. Namun relatif rendah dari pada angsuran.
Apakah produk deposito mampu menghasilkan biaya operasional?
Sepertinya tidak.
     Dari pokok masalah diatas dan ketiga ulasan tersebut bisa kita ambil kesimpulan
Bahwa asal usul bunga adalah adanya beban-beban biaya operasional dan memperhatikan kenaikan harga dimasa yang akan datang. Dan dari ketiga ulasan diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa ketiganya saling berkaitan satu sama lain dimana
1. Bunga tabungan dan bunga deposito serta biaya operasional diambilkan dari pendapatan bunga angsuran.
2. Dana angsuran diambilkan dari deposito dimana dua produk tersebut memiliki jangka waktu.
Nah seperti itulah SISTEM PERBANKAN DALAM MENJALANKAN RODA EKONOMI.
Dari saya cukup sekian. Kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu'alaikum
Sampai jumpa :)
Read More »

PELAKSANAAN UUD 1945 PASAL 27 ayat 1 Masih belum dilaksanakan,mengapa demikian?

Assalamu'alaikum sobat..
Sepandai-pandainya tupai melompat, sesekali dia akan takut juga :D itulah kata-kata yang pantas menjadi label buat saya sekarang. Dari tadi cari referensi sana-sini berselancar muter-muter universitas tapi tiada membuahkan hasil, yang ada malah bingung :) alhasil saya harus memutar otak dan berselancar dimasa lalu :o hebatt...
Apa sih yang tak cari? Tentunya sama persis dalam judul postingan ini .
Dengan awalan kalimat pendapat dan akhiran kalimat pertanyaan.
Teringat mata pelajaran bahasa indonesia waktu saya mts(smp) dengan materi berita. Disana dijelaskan rumus berita yaitu 5w+1h benar bukan? :) nah disana kebetulan ada kata tanya yang sama dengan kata tanya dalam judul postingan ini yaitu mengapa/kenapa dalam bahasa kerennya why :) . Kebetulan saya juga teringat kata-kata dari ustadz (guru) saya bahwa ilmu alam itu real dan ilmu sosial itu abstrak. Dari kedua dasar tersebut saya menyimpulkan bahwa pertanyaan kali ini termasuk dalam kategori ilmu sosial artinya segala sesuatunya bersifat abstrak dan tentunya suatu saat dapat berubah dan cenderung mengalami perubahan yang begitu cepat dan spektakuler :) hehe
Maka dari itu saya akan sedikit mencoba berfikir dan mengidentifikasikan hal tersebut dengan pengetahuan yang pas-pasan :)
Okelah kita mulai .
Yang pertama kita harus tau pertanyaannya "kenapa pasal27 ayat 1 belum terlaksana?'" Kemudian kita cari bunyi UUD 1994 pasal 27 ayat 1 yaitu "Semua warga negara bersamaan dengan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan wajib menjungjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya" kurang lebihnya seperti itu.
Dari sini kita bisa mulai menganalisis yaitu dengan melihat perpaduan antara pertanyaan dengan bunyi ayat. Dalam konteeks ini kata tanyanya adalah "kenapa/mengapa" , berarti disini menanyakan tentang fenomena yang terjadi. Disini yang ditanyakan adalah di Indonesia, berarti kita bisa mengambil fenomena yang terjadi di Indonesia. Kalo masalah fenomena di Indonesia sih mudah. Tiap saat terdengar berita-berita, baik itu dari pembicaraan orang-orang, koran, majalah, berita di televisi, dan lain sebagainya. Mereka membicarakan tentang tindakan-tindakan penyimpangan dan lain sebagainya diantaranya yang berkaitan dengan masalah ini adalah tindakan suap, hakim yang tidak adil, pengacara yang membela tersangka korupsi dan lain sebagainya.
   Dari semuanya itu, saya mengambil kesimpulan bahwa faktor yang menghambat berjalannya pasal 27 ayat 1 adalah karena adanya tindakan-tindakan penyelewengan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.
Demikianlah yang bisa saya jelaskan kurang lebihnya mohon maaf .
Wassalamu'alaikum
Sampai jumpa :)
loading...
Read More »

MENGAPA UNDANG-UNDANG DASAR 1945 DIKATAKAN SEBAGAI STAAT FUNDAMENTAL NORM?

Assalamu'alaikum sobat.

Pada postingan kali ini, saya akan sedikit memberi referensi untuk kalian yang lagi ngerjain tugas. Mungkin ada diantara kalian yang sudah bosan dengan keadaan saat ini, browsing sana sini bingung dengan hasil pencariannya :) nah bagi kalian yang belum ngerjain tugas, sangat beruntung kalo ketemu blog ku :) tapi carinya sampe pusing tujuh keliling dulu. cos, ini blog ada diurutan no 1 dari bawah :) hehe

Ya udah langsung saja kita ke pokok permasalahan. Disini ada pertanyaan "kenapa UUD 1945 dikatakan sebagai staat fundamental norm?"

Nah, jawabannya ada di bawah. dan ini termasuk pokok-pokok atau bukti yang sangat kuat :) diantaranya :

1. Dilihat dari segi isinya, Pembukaan UUD 1945 memuat beberapa dasar pokok negara antara lain :

a. Merupakan dasar tujuan negara (baik itu tujuan yang umum maupun tujuan yang khusus).

b. Memuat ketentuan diadakannya UUD Negara.

c. Bentuk negara.

d. Merupakan dasar filsafat negara (asas kerohanian negara)

2. Dalam hubungannya dengan pasal-pasal (batang tubuh) UUD 1945, Pembukaan UUD 1945 mempunyai hakikat dan kedudukan antara lain :

a. Pembukaan UUD 1945 merupakan tertib hukum tertinggi dan pada hakikatnya mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari pada batang tubuh UUD 1945.

b. Pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah negara yang fundamental yang menentukan adanya UUD 1945 dan mengatur hukum dasar negara baik yang tertulis maupun yang abstrak, jadi merupakan sumber hukum dasar negara.

c. Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang fundamental mengandung pokok-pokok pikiran yang perlu dipelajari dalam pasal-pasal UUD 1945.

Para ahli hukum mempunyai pendapat yang berbeda tentang hakikat dan kedudukan Pembukaan UUD 1945 dalam hubungannya dengan pasal-pasal UUD 1945, namun kemudian mereka menyamakan pendapat dalam kesimpulan berdasarkan tujuan . Salah satunya ada yang berpendapat bahwa Pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasalnya merupakan satu kesatuan, dan ada yang berpendapat bahwa keduanya terpisah.

Namun karena hakikat kedudukan Pembukaan UUD 1945 tersebut memiliki kedudukan fundamental bagi kelangsungan hidup negara, kedua pendapat tersebut akhirnya tiba pada kesimpulan sebagai berikut :

1. Sebagai pokok kaidah negara yang mempunyai kedudukan yang tetap dan tidak berubah serta melekat pada kelangsungan hidup negara yang telah dibentuk.

2. Dalam jenjang hierarki tertib hukum, Pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara yang fundamental memiliki kedudukan tertinggi, lebih tinggi daripada pasal-pasal UUD 1945, sehingga secara hukum dapat dikatakan terpisah dari pasal-pasal UUD 1945.

d. Dalam hubungannya dengan tertib hukum Indonesia, Pembukaan UUD 1945 mempunyai hakikat kedudukan yang terpisah dari batang tubuh UUD 1945. Pengertian terpisah sebenarnya bukan berarti tidak memiliki hubungan sama sekali tetapi antara Pembukaan UUD 1945 dan batang tubuh UUD 1945 terdapat hubungan kausal organis, di mana UUD harus menciptakan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945.

Dengan demikian, pengertian terpisah di sini adalah keduanya mempunyai hakikat dan kedudukan sendiri-sendiri, di mana Pembukaan UUD 1945 memiliki kedudukan lebih tinggi daripada pasal-pasal UUD 1945, bahkan yang tertinggi dalam tertib hukum Indonesia.

e. Pembukaan UUD 1945 Tetap pada Kelangsungan Hidup Negara RI

Pembukaan UUD 1945 memiliki kedudukan hukum yang kuat bahkan secara yuridis tidak dapat diubah serta melekat pada kelangsungan hidup negara, hal ini berdasarkan alsan-alasan sebagai berikut :

1. Menurut tata hukum, suatu peraturan hukum hanya dapat diubah atau dihapuskan oleh penguasa atau peraturan hukum yang lebih tinggi tingkatannya daripada penguasa yang menetapkannya.

2. Pembukaan UUD 1945 pada hakikatnya merupakan suatu tertib hukum yang tertinggi di negara RI. Selain itu, Pembukaan UUD 1945 mengandung faktor-faktor mutlak bagi adanya suatu tertib hukum di Indonesia.

3. Selain dari segi yuridis formal juga secara material, yaitu hakikat isi, Pembukaan UUD 1945 tidak dapat diubah dan senantiasa melekat pada kelangsungan hidup negara RI.

Nah itu dia penjelasannya sobat. Mudeng gak? kalo gak mudeng berarti kalian kurang peka hehehe....

atau kurang membaca :D *just kidding*

Sekian dulu dari saya.

Wassalamu'alaikum .

Sampai jumpa

Read More »

CARA MUDAH MEMAHAMI NOMINAL SENTENCE DAN VERBAL SENTENCE

Assalamu'alaikum sobat-sobat.
Pada postingan kali ini saya akan sedikit memberi TIPS MUDAH MEMAHAMI NOMINAL SENTENCE DAN VERBAL SENTENCE.
Oke kita mulai dari sekarang siapkan dulu perkapnya minuman dingin dan makanan yang manis-manis dulu biar fikirannya fress dan terhindar dari blank out  mumpung ndak dikelas ya kan 2x :D
Nah kalo udah fress kita mulai masuk ke kerajaan materi :o  kerajaan . Keren bukan ? Namanya aja kerajaan, tentunya kita perlu persiapan mental yang cukup yaitu keinginan untuk tau sesuatu hal yang belum pernah kita sentuh sebelumnya atau sesuatu yang sudah tak asing lagi tapi telah lama kita tak menyentuhnya :) . Weleh-weleh kok muter-muter ndak jelas . Ndak apa2lah sekedar ice breaking effek galau (red) hehe.. ..
Nah berikut TIPS MUDAH MEMAHAMI NOMINAL SENTENCE DAN VERBAL SENTENCE :
Yang pertama adalah Nominal sentence yaitu kalimat yang predikatnya berupa tobe (am,is,are,dll) bukan berupa kata kerja (verb).
Contoh:
+I am handsome (saya ganteng )
Contoh diatas adalah  contoh yang positif. Dan perlu sobat ketahui bahwa disini selain positif ada juga contoh yang negatif dan introgatif (pertanyaan)
Contoh negative:
I am not handsome (saya tidak ganteng) (tapi keren :D)
Contoh yang introgative:
Am i handsome? (Apakah saya ganteng) tentu iya dong :D
Yang kedua adalah Verbal sentence yaitu kalimat yang predikatnya berupa kata kerja(verb).
Contohnya:
+ I read a book every morning
- I don't read a book  every morning
? Do i read book every morning?
Nah kesimpulannya kalo kalimat nominal itu ciri-cirinya setelah subjek tobe (am,. Sedangkan kalimat verbal ciri-cirinya setelah subjek adalah kata kerja (verb)
Simple bukan?
Nah untuk yang negatif setelah predikat, baik itu berupa tobe maupun verb ditambahi not atau juga bisa disingkat dengan n't.
Dan untuk introgative tobenya ditaruh diawal kalimat untuk kalimat nominal sedangkan untuk yang verbal kita perlu menambah "do".
Lebih simplenya bisa kita ambil rumus
Nominal
POSITIVE
S+TOBE+...
NEGATIVE
S+TOBE+NOT+...
INTROGATIVE
TOBE+S+....
VERBAL
POSITIVE
S+VERB
JIKA SUBJEKNYA  HE,SHE,IT MAKA KATA KERJA DITAMBAHI S/ES
NEGATIVE
S+DO NOT+VERB
INTROGATIVE
DO+S+VERB
Rumus tersebut hanyalah pelengkap saja. Akan lebih mantap  paham dulu materi dan aplikasinya :)
Akhirnya selesai juga pembahasan materi diatas , semoga bermanfaat .
Untuk contoh-contohnya bisa dilihat pada postingan berikutnya . Terima kasih sampai jumpa.
Wassalamu'alaikum wr.wb :)
Read More »