#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses Sepanjang Masa

Baca Semua dan Jangan sampai ada yang kelewatan satu katapun karena di sela-sela artikel ini saya taruh Tips Rahasia yang sebenarnya.
#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses
Siapa sih yang nggak pengen jadi orang sukses, apalagi suksesnya sepanjang masa. Semua orang pasti pengen dong.
Nah
kali ini saya tergugah untuk menulis tips ini karena saya rasa tips ini
sangat bermanfaat bagi temen-temen blogger baik yang baru mulai maupun
yang sudah lama.
Oke Langsung to the
point aja biar temen-temen nggak boring lihat tulisan yang nggak jelas
ini. Abaikan saja dan lanjut ke bawah.
#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses
Hanya ada satu kunci untuk menjadi blogger yang sukses sepanjang masa yaitu apa?
Jangan pernah berhenti untuk menulis artikel tiap harinya
Udah
itu saja tips menjadi blogger yang sukses sepanjang masa. Dan saya
jamin 1000% jika temen-temen mempraktekkan tips tersebut pasti
temen-temen akan menjadi blogger yang sukses sepanjang masa.
Gimana? Sudah jelas?
Apa nggak terima dengan artikel yang singkat ini?
Hehe...
Hehe...
Temen-temen sudah praktek belum?
Kalo belum mulai, sekarang dipraktekin aja tipsnya daripada belajar teori terus tanpa praktek, itu sama aja punya keinginan tapi hanya diem, ya nggak bakal dapet beneran. Bener nggak?
Mungkin
kalo temen-temen yang udah lama ngeblog pasti paham dengan yang saya
sampaikan di atas. Tapi bagi temen-temen yang baru mulai ngeblog pasti
paham tapi sebenarnya belum, atau bahkan ada sebagian yang masih
bingung.
Oke saya akan jelaskan mekanisme kerjanya tentang bagaimana langkah-langkah menjadi blogger yang sukses sepanjang masa.
Seorang
blogger yang sukses adalah dia yang punya blog dengan pengunjung yang
banyak sekali, bahkan jumlah pengunjungnya tak terhingga (Maksudnya
banyak sekali red..) sehingga dia mampu menghasilkan pendapatan dari
blognya tersebut.
Kenapa saya katakan sukses?
Dengan
jumlah pengunjung yang begitu banyaknya berarti dia sukses menarik
banyak orang untuk mengunjungi blognya. Itu artinya dia sangat pandai
dalam urusan marketingnya, pandai dalam membuat artikelnya, dan pandai
segalanyalah.
Bagi pemula pasti sangat
kagum ketika melihat blog yang pengunjung perharinya bisa sampai
ratusan, Ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, atau bahkan jutaan. Dalam
pikiran temen-temen pasti muncul pertanyaan yang bermacam-macam, apa
saya bisa seperti itu ya, apa mungkin blog saya bisa seperti itu,
kayaknya nggak mungkin deh, dan lain sebagainya.
Pertanyaaan-pertanyaan yang ada dipikiran itu pasti ada dan menjadi sebuah tanda tanya besar bagi blogger pemula.
Nah kali ini saya akan ngasih tau yang pemula dulu, yang merasa sudah mastah silahkan scroll ke bawah biar nggak jenuh hehe..
Pertanyaan yang sering muncul dipikiran blogger pemula biasanya berkaitan dengan trafik blog.
Kenapa blog saya masih sepi tidak ada pengunjungnya?
Apakah artikel saya kurang bagus atau gimana sih?
Dan sebagainya dan sebagainya..
Pertanyaan
itu sangat wajar sekali dan pertanyaan itu sangat bagus. Karena dengan
bertanya-tanya seperti itu akhirnya temen-temen mau belajar lebih lebih
dalam lagi.
Tapi yang terpenting adalah
JANGAN PERNAH MENGELUH
Karena
kalo temen-temen dari awal saja sudah mengeluh ya pasti bukannya mau
belajar lebih dalam lagi, tapi malah justru frustasi, malas, kecewa dan
akhirnya memutuskan untuk berhenti ngeblog. Itu sangat memprihatinkan.
Saya kasih tau ya...
Ngeblog
itu kalo menurut saya adalah langkah untuk menjadi pengusaha sukses.
Dan temen-temen pasti sudah tau untuk menjadi pengusaha yang sukses
butuh proses yang tidak cepat, butuh proses yang lama untuk
mencapainya.
Kalau dalam bahasa
bisnisnya adalah berani bayar harga, artinya temen-temen harus rela
kehilangan waktunya untuk belajar dan terus mencoba. Rela kehilangan
waktu untuk bersenang-senang, rela meninggalkan sesuatu demi meraih
kesuksesan di masa mendatang.
Begitu juga dengan ngeblog. Temen-temen kudu rela menyita waktu untuk membuat konten blog, share ke medsos, dan lain sebagainya.
Ada 3 langkah dalam mengelola blog.
Membuat Konten Blog, Share ke Sosial Media, Daftarkan Ke Mesin Pencarian.
Membuat Konten Blog
Untuk
awalanya sebuah blog itu pasti sepi. Itu sudah pasti. Ibaratnya
temen-temen membuka usaha tapi di tengah hutan belantara, nggak pake
lampu, (bukanya malam hari red..), udah gitu usahanya nggak jelas,
pokoknya parah bgt deh. Itu sangat wajar kalo usahanya sepi. Kalo
usahanya rame malah mencurigakan kan? Dari mana pengunjungnya dan
sebagainya.
Temen-temen ibaratin aja seperti itu. Wajarkan kalo blog temen-temen masih sepi.
Nah
kalo sudah tau seperti itu tentunya temen-temen akan berpikir bagaimana
cara memperbaikinya. Kuncinya ya hanya seperti yang saya sampaikan di
atas yaitu membuat produknya atau membuat Kontennya. Bisa berupa artikel
atau video, digabungin juga bisa.
Ada 3 kategori Konten :
Konten Informasi, Konten How To (Tutorial), dan Tips (cara-cara yang efektif dan efisien)
Konten Informasi
Konten
informasi ibaratnya produk makanan, konten ini bersifat jangka pendek
karena cepet basi atau di butuhkan hanya sampai batas waktu tertentu.
Konten How to dan Tips
Konten
ini bersifat jangka panjang karena informasinya berguna sampai
kapanpun. Kalo ada perubahanpun perubahannya tidak terlalu cepat.
Nah
temen-temen perlu buat 3 konten ini nih. Buat aja terus menerus. Kalo
bisa sih banyakin yang jangka panjangnya. Yang penting rutin aja dan
jangan pernah berhenti seperti tips yang sudah saya sampaikan di atas.
Ibaratnya konten ini sebagai stok barang buat persiapan nanti kalo ada
orang yang mau beli/berkunjung.
Kalo
produknya banyak kan orang yang berkunjung akan puas atau bahkan
kebingungan atau minimal dia kepo ingin tau apa sih fitur-fiturnya dan
sebagainya.
Kalo semisal stok kita
masih sedikit ya pasti orang yang berkunjung akan keluar masuk. Dan
dipikirannya, ahh cuma gini-gini aja. Apalagi nggak pernah update, ya
sudah dapat dipastikan dan pasti tidak akan ada pelanggannya, iya kan?
Itu kenapa kunci menjadi blogger sukses sepanjang masa adalah jangan
pernah berhenti membuat artikel blog.
Tapi ini hanya penjelasan dasarnya saja, saya akan sampaikan penjelasan lanjutannya di akhiran artikel ini.
Nah Kalo temen-temen sudah siap segala sesuatunya, langkah selanjutnya adalah share ke medsos.
Share Artikel Blog Ke Medsos
Walaupun di hutan belantara, temen-temen nyebarin info ke perkampungan-perkanpungan terdekat.
Nah
ini adalah tahap pengenalan produknya. Pertama pasti pengunjungnya
sedikit hanya beberapa orang saja yang ingin melihat-melihat.
Itu sangat wajar kan?
Nah,
kalo temen-temen rajin membuat produknya, dan setiap kali membuat
produk, temen-temen menginformasikannya dan itu dilakukan secara terus
menerus, pasti pengunjungnya semakin banyak karena produknya selalu
update. Dan kalo produknya bagus pasti banyak orang yang
merekomendasikannya ke keluaganya atau teman-temannya. Nah mulai saat
itu trafik blog temen-temen mulai banyak. Tapi perlu update dan share
juga biar ada pengunjungnya.
Disela-sela
itu temen-temen jangan lupa juga untuk mendaftarkan blog temen-temen
beserta artikelnya ke webmaster mesin pencarian (google, bing, yahoo,
msn, dsb). Karena kalo beruntung, artikelnya bisa berada di halaman
pertama mesin pencarian. Ini pokoknya udah enak banget. Nggak perlu
share-share aja udah pasti ada pengunjungnya. Ibaratnya temen-temen
membuka toko di pasar.
Ini sangat
penting untuk jangka panjangnya. Sebenarnya tanpa didaftarkan juga tidak
apa-apa, tapi prosesnya akan lebih lama. Pengalaman saya, artikel saya
baru masuk ke halaman pertama pencarian kira-kira setahun setelah
posting artikelnya. Sedangkan yang saya daftarkan, hanya dalam sekejap
saja sudah langsung masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Tentunya
juga harus memperhatikan kompetitornya.
Yang paling penting lagi
Kenapa kita harus posting artikel terus?
Karena
pengunjung membutuhkan informasi terbaru dan kita tidak tau artikel
mana yang bakalan masuk ke halaman awal mesin pencarian.
Tapi
temen-temen nggak perlu khawatir, karena ada materi-materi yang bisa
membantu temen-temen pemula untuk mengatasi semua masalah tersebut.
2
Materi ini yang akan mambantu dan membimbing temen-temem untuk
menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan mudah, dan sangat simpel
sekali yaitu Materi tentang
INTERNET MARKETING
dan
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
INTERNET MARKETING
Berfungsi untuk membuat blog temen-temen menjadi sangat dicintai oleh pengunjung (manusia)
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
Berfungsi untuk membuat blog temen-temen menjadi sangat disukai oleh mesin pencarian.
Dari kedua meteri tersebut bertujuan untuk mendapatkan trafik pengunjung sebanyak-banyaknya.
Oke mungkin itu sedikit pandangan untuk temen-temen blogger pemula.
Sekarang kita masuk ke temen-temen blogger yang sudah tua, ups... :D
Udah mastah maksudnya :D
Udah mastah maksudnya :D
Bagi mastah yang sudah berkelana di dunia blogging juga perlu memperhatikan yang satu ini nih..
Jangan pernah sombong dan cepat puas dengan apa yang sudah temen-temen raih saat ini.
Justru
saat inilah waktu yang tepat bagi temen-temen untuk terus berjuang dan
berinovasi agar temen-temen tidak ke geser oleh yang pemula.
Dalam sebuah ilmu marketing, ada yang namanya lifecycle Produk atau siklus hidup sebuah produk. Siklus ini dimulai dari Introduce dimana kita mengenalkan blog kita. Kemudian growth dimana kita sudah mempunyai pelanggan dengan strategi marketing yang baik. Kemudian kita memasuki tahap Mature dimana blog kita sudah dikenal dimana-mana tanpa kita harus beriklan.
Nah, kondisi ini yang perlu temen-temen perhatikan. Temen-temen harus mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman.
Temen-temen tau Perusahaan Nokia?
Dia dulu sangat terkenal, populer, dan sangat disukai oleh masyarakat. Tapi kenapa sekarang dia menghilang begitu saja, masih ada tetapi seperti tidak ada? Itu karena saat itu ketika dia dalam kondisi mature dia tidak mau mengikuti perkembangan jaman, ketika android muncul dia tidak mau memanfaatkan peluang itu sehingga sampai sekarang dia mengalami decline (penurunan bahkan menghilang). Kalo sudah mengalami decline ini perusahaan akan sulit untuk bangun pagi dan harus mengulangi dari awal atau bahkan lebih sulit lagi.
Temen-temen tau kantor pos?
Kalo temen-temen berpikir saat itu ketika handphone mulai muncul, pasti kita akan mengira kalau kantor pos bakalan nggak laku. Tapi ternyata sampai sekarang kantor pos masih menjadi kepercayaan masyarakat dan pelanggannya masih setia bahkan bertambah. Itu kenapa? Karena dia melakukan inovasi-inovasi sebelum dia mengalami decline atau keruntuhan.
Nah
sekarang temen-temen mastah tinggal pilih sendiri mana yang terbaik.
Apakah pingin seperti kantor pos? Atau membiarkan temen-temen mengalami
decline seperti perusahaan nokia.
Sekarang sudah mudeng kunci menjadi blogger yang sukses sepanjang masa kan?
INGATJangan pernah berhenti untuk membuat Artikel Blog
Kenapa harus membuat artikel blog terus?
Nih saya kasih tau manfaatnya. Simak baik-baik manfaat dari membuat artikel blog yang rutin dan terus menerus.
Pertama
Peluang untuk masuk ke halaman pertama mesin pencarian semakin banyak. Karena banyak kata kunci yang kita gunakan dan berbeda-beda.
Kedua
Pengunjung bisa jadi pelanggan, karena update terus informasi terbaru. Kalo nggak update pelanggan akan cari blog yang lain.
Ketiga
Mengasah kemampuan marketing. Karena terus belajar dan mencari inovasi.
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.
Temen-temen sudah pernah baca buku hukum 10000 jam?
Di
buku tersebut menjelaskan ketika seseorang menekuni suatu bidang, maka
dia akan menjadi pakar dalam waktu 10000 Jam. Contoh kita ngeblog sehari
1 jam, maka pada tahun ke 20 kita akan jadi pakar blogger. Nah itu juga
salah satu manfaatnya juga.
Selesai.
Kesimpulan
Intinya adalah
Jangan Pernah Berhenti Membuat Artikel
Selebihnya silahkan simpulkan sendiri hehe...
Nah
bagi temen-temen yang ingin mengembangkan bakat ngeblog, atau ingin
belajar lebih dalam lagi dan ingin serius menyelami dunia blogging,
mulai dari Pengetahuan dasar blogging, SEO, Internet Marketing dan
Facebook Marketing, Instagram Marketing, dan lain sebagainya.
Temen-temen bisa bergabung di SB1M. Komunitas pengusaha yang sukses
dengan menggunakan internet marketing.
Disana
temen-temen bisa mendapatkan materi yang sangat lengkap dan dibimbing
dari mulai nol sampai mahir. Eh bukan mahir, tapi mendapatkan
penghasilan.
Saya sendiri belum
bergabung dengan SB1M Masih free member. Tapi lumayan udah dapet
materi-materinya lewat email tiap hari. Sebenarnya juga bisa mengikuti
kelas gratisnya. Tapi sayang sekali waktu, biaya dan jarak belum
bersahabat. Dari pekalongan ke jakarta kan butuh waktu tenaga dan dana,
kebetulan saya masih kuliah. Rencananya pengen gabung nanti pas
liburan.
Biayanya menurut saya sangat
murah sekali karena yang kita dapatkan lebih banyak dan menurut saya
biaya pendaftaran itu bukankah berarti apa-apa.
Setahu
saya biayanya 6 juta hampir 7 jutaan. Tapi nggak tau sekarang udah
berapa. Katanya sih semakin mahal. Tapi menurut saya ini sangat murah
dibandingkan dengan kursus-kursus yang lainnya. Dan kalo kita udah
daftar berarti kita bisa belajar disana seumur hidup. Kalo dibandingkan
dengan biaya kursus itu mahalan kursus, karena kelasnya paling berapa
bulan aja, setelah itu bubar.
Nah kalo
temen-temen belum punya kesempatan, bisa jadi free member dulu. Kalo
nanti udah punya kesempatan bisa Upgrade ke member premium. Yang penting
dapet materinya walaupun nggak seperti yang premium ada kelas
khususnya.
Kalo yang udah ada kesempatan langsung aja gabung mulai dari sekarang.
Kalo pengen tau materinya bisa lihat di postingan saya yang sebelum ini
Untuk pandaftarannya bisa masuk ke sini
loading...
loading...
0 komentar:
Post a Comment
Panduan Berkomentar, Klik disini