#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses Sepanjang Masa


Baca Semua dan Jangan sampai ada yang kelewatan satu katapun karena di sela-sela artikel ini saya taruh Tips Rahasia yang sebenarnya.

#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses 

Siapa sih yang nggak pengen jadi orang sukses, apalagi suksesnya sepanjang masa. Semua orang pasti pengen dong. 

Nah kali ini saya tergugah untuk menulis tips ini karena saya rasa tips ini sangat bermanfaat bagi temen-temen blogger baik yang baru mulai maupun yang sudah lama. 

Oke Langsung to the point aja biar temen-temen nggak boring lihat tulisan yang nggak jelas ini. Abaikan saja dan lanjut ke bawah.

#1 Kunci Menjadi Blogger Sukses 

Hanya ada satu kunci untuk menjadi blogger yang sukses sepanjang masa yaitu apa?

Jangan pernah berhenti untuk menulis artikel tiap harinya

Udah itu saja tips menjadi blogger yang sukses sepanjang masa. Dan saya jamin 1000% jika temen-temen mempraktekkan tips tersebut pasti temen-temen akan menjadi blogger yang sukses sepanjang masa.

Gimana? Sudah jelas? 
Apa nggak terima dengan artikel yang singkat ini?
Hehe...

Temen-temen sudah praktek belum?

Kalo belum mulai, sekarang dipraktekin aja tipsnya daripada belajar teori terus tanpa praktek, itu sama aja punya keinginan tapi hanya diem, ya nggak bakal dapet beneran.  Bener nggak?

Mungkin kalo temen-temen yang udah lama ngeblog pasti paham dengan yang saya sampaikan di atas. Tapi bagi temen-temen yang baru mulai ngeblog pasti paham tapi sebenarnya belum, atau bahkan ada sebagian yang masih bingung.

Oke saya akan jelaskan mekanisme kerjanya tentang bagaimana langkah-langkah menjadi blogger yang sukses sepanjang masa. 

Seorang blogger yang sukses adalah dia yang punya blog dengan pengunjung yang banyak sekali, bahkan jumlah pengunjungnya tak terhingga (Maksudnya banyak sekali red..) sehingga dia mampu menghasilkan pendapatan dari blognya tersebut.

Kenapa saya katakan sukses? 

Dengan jumlah pengunjung yang begitu banyaknya berarti dia sukses menarik banyak orang untuk mengunjungi blognya. Itu artinya dia sangat pandai dalam urusan marketingnya, pandai dalam membuat artikelnya, dan pandai segalanyalah.

Bagi pemula pasti sangat kagum ketika melihat blog yang pengunjung perharinya bisa sampai ratusan, Ribuan, puluh ribuan, ratus ribuan, atau bahkan jutaan. Dalam pikiran temen-temen pasti muncul pertanyaan yang bermacam-macam, apa saya bisa seperti itu ya, apa mungkin blog saya bisa seperti itu, kayaknya nggak mungkin deh, dan lain sebagainya.

Pertanyaaan-pertanyaan yang ada dipikiran itu pasti ada dan menjadi sebuah tanda tanya besar bagi blogger pemula. 

Nah kali ini saya akan ngasih tau yang pemula dulu, yang merasa sudah mastah silahkan scroll ke bawah biar nggak jenuh hehe..

Pertanyaan yang sering muncul dipikiran blogger pemula biasanya berkaitan dengan trafik blog.

Kenapa blog saya masih sepi tidak ada pengunjungnya?

Apakah artikel saya kurang bagus atau gimana sih?

Dan sebagainya dan sebagainya..

Pertanyaan itu sangat wajar sekali dan pertanyaan itu sangat bagus. Karena dengan bertanya-tanya seperti itu akhirnya temen-temen mau belajar lebih lebih dalam lagi.

Tapi yang terpenting adalah
JANGAN PERNAH MENGELUH

Karena kalo temen-temen dari awal saja sudah mengeluh ya pasti bukannya mau belajar lebih dalam lagi, tapi malah justru frustasi, malas, kecewa dan akhirnya memutuskan untuk berhenti ngeblog. Itu sangat memprihatinkan.

Saya kasih tau ya...
Ngeblog itu kalo menurut saya adalah langkah untuk menjadi pengusaha sukses. Dan temen-temen pasti sudah tau untuk menjadi pengusaha yang sukses butuh proses yang tidak cepat, butuh proses yang lama untuk mencapainya. 

Kalau dalam bahasa bisnisnya adalah berani bayar harga, artinya temen-temen harus rela kehilangan waktunya untuk belajar dan terus mencoba. Rela kehilangan waktu untuk bersenang-senang, rela meninggalkan sesuatu demi meraih kesuksesan di masa mendatang.

Begitu juga dengan ngeblog. Temen-temen kudu rela menyita waktu untuk membuat konten blog, share ke medsos, dan lain sebagainya.

Ada 3 langkah dalam mengelola blog.

Membuat Konten Blog, Share ke Sosial Media, Daftarkan Ke Mesin Pencarian.

Membuat Konten Blog

Untuk awalanya sebuah blog itu pasti sepi. Itu sudah pasti. Ibaratnya temen-temen membuka usaha tapi di tengah hutan belantara, nggak pake lampu, (bukanya malam hari red..), udah gitu usahanya nggak jelas, pokoknya parah bgt deh. Itu sangat wajar kalo usahanya sepi. Kalo usahanya rame malah mencurigakan kan? Dari mana pengunjungnya dan sebagainya.

Temen-temen ibaratin aja seperti itu. Wajarkan kalo blog temen-temen masih sepi.

Nah kalo sudah tau seperti itu tentunya temen-temen akan berpikir bagaimana cara memperbaikinya. Kuncinya ya hanya seperti yang saya sampaikan di atas yaitu membuat produknya atau membuat Kontennya. Bisa berupa artikel atau video, digabungin juga bisa.

Ada 3 kategori Konten : 

Konten Informasi, Konten How To (Tutorial), dan Tips (cara-cara yang efektif dan efisien)

Konten Informasi

Konten informasi ibaratnya produk makanan, konten ini bersifat jangka pendek karena cepet basi atau di butuhkan hanya sampai batas waktu tertentu.

Konten How to dan Tips

Konten ini bersifat jangka panjang karena informasinya berguna sampai kapanpun. Kalo ada perubahanpun perubahannya tidak terlalu cepat.

Nah temen-temen perlu buat 3 konten ini nih. Buat aja terus menerus. Kalo bisa sih banyakin yang jangka panjangnya. Yang penting rutin aja dan jangan pernah berhenti seperti tips yang sudah saya sampaikan di atas. Ibaratnya konten ini sebagai stok barang buat persiapan nanti kalo ada orang yang mau beli/berkunjung. 

Kalo produknya banyak kan orang yang berkunjung akan puas atau bahkan kebingungan atau minimal dia kepo ingin tau apa sih fitur-fiturnya dan sebagainya. 

Kalo semisal stok kita masih sedikit ya pasti orang yang berkunjung akan keluar  masuk. Dan dipikirannya, ahh cuma gini-gini aja. Apalagi nggak pernah update, ya sudah dapat dipastikan dan pasti tidak akan ada pelanggannya, iya kan? Itu kenapa kunci menjadi blogger sukses sepanjang masa adalah jangan pernah berhenti membuat artikel blog.

Tapi ini hanya penjelasan dasarnya saja, saya akan sampaikan penjelasan lanjutannya di akhiran artikel ini.

Nah Kalo temen-temen sudah siap segala sesuatunya, langkah selanjutnya adalah share ke medsos.

Share Artikel Blog Ke Medsos

Walaupun di hutan belantara, temen-temen nyebarin info ke perkampungan-perkanpungan terdekat.

Nah ini adalah tahap pengenalan produknya. Pertama pasti pengunjungnya sedikit hanya beberapa orang saja yang ingin melihat-melihat.

Itu sangat wajar kan?

Nah, kalo temen-temen rajin membuat produknya, dan setiap kali membuat produk, temen-temen menginformasikannya dan itu dilakukan secara terus menerus, pasti pengunjungnya semakin banyak karena produknya selalu update. Dan kalo produknya bagus pasti banyak orang yang merekomendasikannya ke keluaganya atau teman-temannya. Nah mulai saat itu trafik blog temen-temen mulai banyak. Tapi perlu update dan share juga biar ada pengunjungnya.

Disela-sela itu temen-temen jangan lupa juga untuk mendaftarkan blog temen-temen beserta artikelnya ke webmaster mesin pencarian (google, bing, yahoo, msn, dsb). Karena kalo beruntung, artikelnya bisa berada di halaman pertama mesin pencarian. Ini pokoknya udah enak banget. Nggak perlu share-share aja udah pasti ada pengunjungnya. Ibaratnya temen-temen membuka toko di pasar.

Ini sangat penting untuk jangka panjangnya. Sebenarnya tanpa didaftarkan juga tidak apa-apa, tapi prosesnya akan lebih lama. Pengalaman saya, artikel saya baru masuk ke halaman pertama pencarian kira-kira setahun setelah posting artikelnya. Sedangkan yang saya daftarkan, hanya dalam sekejap saja sudah langsung masuk ke halaman pertama mesin pencarian. Tentunya juga harus memperhatikan kompetitornya.

Yang paling penting lagi

Kenapa kita harus posting artikel terus?

Karena pengunjung membutuhkan informasi terbaru dan kita tidak tau artikel mana yang bakalan masuk ke halaman awal mesin pencarian.

Tapi temen-temen nggak perlu khawatir, karena ada materi-materi yang bisa membantu temen-temen pemula untuk mengatasi semua masalah tersebut.

2 Materi ini yang akan mambantu dan membimbing temen-temem untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan mudah, dan sangat simpel sekali yaitu Materi tentang

INTERNET MARKETING
dan
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

INTERNET MARKETING
Berfungsi untuk membuat blog temen-temen menjadi sangat dicintai oleh pengunjung (manusia)

SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
Berfungsi untuk membuat blog temen-temen menjadi sangat disukai oleh mesin pencarian.
Dari kedua meteri tersebut bertujuan untuk mendapatkan trafik pengunjung sebanyak-banyaknya.

Oke mungkin itu sedikit pandangan untuk temen-temen blogger pemula. 

Sekarang kita masuk ke temen-temen blogger yang sudah tua, ups... :D
Udah mastah maksudnya :D

Bagi mastah yang sudah berkelana di dunia blogging juga perlu memperhatikan yang satu ini nih..

Jangan pernah sombong dan cepat puas dengan apa yang sudah temen-temen raih saat ini.

Justru saat inilah waktu yang tepat bagi temen-temen untuk terus berjuang dan berinovasi agar temen-temen tidak ke geser oleh yang pemula.

Dalam sebuah ilmu marketing, ada yang namanya lifecycle Produk atau siklus hidup sebuah produk. Siklus ini dimulai dari Introduce dimana kita mengenalkan blog kita. Kemudian growth dimana kita sudah mempunyai pelanggan dengan strategi marketing yang baik. Kemudian kita memasuki tahap Mature dimana blog kita sudah dikenal dimana-mana tanpa kita harus beriklan. 

Nah, kondisi ini yang perlu temen-temen perhatikan. Temen-temen harus mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman. 

Temen-temen tau Perusahaan Nokia?

Dia dulu sangat terkenal, populer, dan sangat disukai oleh masyarakat. Tapi kenapa sekarang dia menghilang begitu saja, masih ada tetapi seperti tidak ada? Itu karena saat itu ketika dia dalam kondisi mature dia tidak mau mengikuti perkembangan jaman, ketika android muncul dia tidak mau memanfaatkan peluang itu sehingga sampai sekarang dia mengalami decline (penurunan bahkan menghilang). Kalo sudah mengalami decline ini perusahaan akan sulit untuk bangun pagi dan harus mengulangi dari awal atau bahkan lebih sulit lagi.

Temen-temen tau kantor pos?

Kalo temen-temen berpikir saat itu ketika handphone mulai muncul, pasti kita akan mengira kalau kantor pos bakalan nggak laku. Tapi ternyata sampai sekarang kantor pos masih menjadi kepercayaan masyarakat dan pelanggannya masih setia bahkan bertambah. Itu kenapa? Karena dia melakukan inovasi-inovasi sebelum dia mengalami decline atau keruntuhan.

Nah sekarang temen-temen mastah tinggal pilih sendiri mana yang terbaik. Apakah pingin seperti kantor pos? Atau membiarkan temen-temen mengalami decline seperti perusahaan nokia.

Sekarang sudah mudeng kunci menjadi blogger yang sukses sepanjang masa kan? 

INGAT
Jangan pernah berhenti untuk membuat Artikel Blog

Kenapa harus membuat artikel blog terus? 

Nih saya kasih tau manfaatnya. Simak baik-baik manfaat dari membuat artikel blog yang rutin dan terus menerus.

Pertama

Peluang untuk masuk ke halaman pertama mesin pencarian semakin banyak. Karena banyak kata kunci yang kita gunakan dan berbeda-beda.

Kedua

Pengunjung bisa jadi pelanggan, karena update terus informasi terbaru. Kalo nggak update pelanggan akan cari blog yang lain.

Ketiga

Mengasah kemampuan marketing. Karena terus belajar dan mencari inovasi.
Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Temen-temen sudah pernah baca buku hukum 10000 jam?

Di buku tersebut menjelaskan ketika seseorang menekuni suatu bidang, maka dia akan menjadi pakar dalam waktu 10000 Jam. Contoh kita ngeblog sehari 1 jam, maka pada tahun ke 20 kita akan jadi pakar blogger. Nah itu juga salah satu manfaatnya juga. 

Selesai.

Kesimpulan

Intinya adalah 

Jangan Pernah Berhenti Membuat Artikel

Selebihnya silahkan simpulkan sendiri hehe...

Nah bagi temen-temen yang ingin mengembangkan bakat ngeblog, atau ingin belajar lebih dalam lagi dan ingin serius menyelami dunia blogging, mulai dari Pengetahuan dasar blogging, SEO, Internet Marketing dan Facebook Marketing, Instagram Marketing, dan lain sebagainya. Temen-temen bisa bergabung di SB1M. Komunitas pengusaha yang sukses dengan menggunakan internet marketing.
Disana temen-temen bisa mendapatkan materi yang sangat lengkap dan dibimbing dari mulai nol sampai mahir. Eh bukan mahir, tapi mendapatkan penghasilan.

Saya sendiri belum bergabung dengan SB1M Masih free member. Tapi lumayan udah dapet materi-materinya lewat email tiap hari. Sebenarnya juga bisa mengikuti kelas gratisnya. Tapi sayang sekali waktu, biaya dan jarak belum bersahabat. Dari pekalongan ke jakarta kan butuh waktu tenaga dan dana, kebetulan saya masih kuliah. Rencananya pengen gabung nanti pas liburan. 

Biayanya menurut saya sangat murah sekali karena yang kita dapatkan lebih banyak dan menurut saya biaya pendaftaran itu bukankah berarti apa-apa.

Setahu saya biayanya 6 juta hampir 7 jutaan. Tapi nggak tau sekarang udah berapa. Katanya sih semakin mahal. Tapi menurut saya ini sangat murah dibandingkan dengan kursus-kursus yang lainnya. Dan kalo kita udah daftar berarti kita bisa belajar disana seumur hidup. Kalo dibandingkan dengan biaya kursus itu mahalan kursus, karena kelasnya paling berapa bulan aja, setelah itu bubar.

Nah kalo temen-temen belum punya kesempatan, bisa jadi free member dulu. Kalo nanti udah punya kesempatan bisa Upgrade ke member premium. Yang penting dapet materinya walaupun nggak seperti yang premium ada kelas khususnya.

Kalo yang udah ada kesempatan langsung aja gabung mulai dari sekarang.
Kalo pengen tau materinya bisa lihat di postingan saya yang sebelum ini
Untuk pandaftarannya bisa masuk ke sini

loading...
loading...

Related Posts



0 komentar:

Post a Comment

Panduan Berkomentar, Klik disini