Apa itu Komitmen, Arti Kata Komitmen, dan Pengertian komitmen

Apa itu Komitmen,  Arti Kata Komitmen, dan Pengertian komitmen?

Komitmen adalah hal yang bersifat fleksibel mengikuti apa yang telah anda tetapkan. Baik anda menetapkan sendiri maupun anda menetapkannya dengan melibatkan orang lain.

Contoh sederhananya adalah ketika anda menetapkan ingin bekerja keras, siang malam demi masa depan yang lebih cerah. Ingin bekerja siang malam adalah termasuk komitmen sendiri tanpa melibatkan orang lain, karena anda menetapkannya tanpa disaksikan oleh orang lain dan tujuannya adalah untuk diri sendiri.

Contoh yang lebih komplek adalah ketika anda menyatakan perasaan cinta kepada seseorang yang anda cintai. Kemudian dia dengan senang hati menerimanya dan dia juga membalas pernyataan cinta anda. Ini adalah komitmen yang melibatkan orang lain, karena pernyataan penetapan anda disaksikan oleh orang lain dan mwlibatkan orang lain untuk berkomitmen.

Memang jika kita lihat pernyataan tersebut bersifat sederhana, karena anda hanya menyatakan satu kalimat saja. Tetapi, ternyata di dalam pernyataan tersebut mengandung banyak komitmen yang harus anda pertahankan bahkan sampai penghabisan nafar anda.

Nah disini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang komitmen yang melibatkan orang lain ini.

Di dalam pernyataan pada kasus kedua tersebut secara tidak langsung anda menetapkan komitmen-komitmen yang harus anda jaga sampai mati. Ketika anda menyatakan cinta kepada seseorang, maka anda harus menjaga perasaannya karena cinta itu bukan penyiksaan. Tapi rasa kasih sayang yang membuat dia nyaman.

Beberapa komitmen yang harus anda jaga adalah sebagai berikut:

1. Tidak mendekati orang lain seperti halnya anda mendekati dia.

2. Tidak menyamakan atau membandingkan kelebihan orang lain dengan kelebihannya. Terlebih lagi orang lain tersebut lebih unggul daripadanya.

3. Menahan diri untuk mengagumi orang lain yang lebih menarik daripadanya.

4. Mengetahui kemauannya

5. Dsb.

Semua itu harus anda ketahui dan dijaga sampai mati atau minimal sampai dia menemukan jodohnya.

Terlihat sederhana tapi ternyata berat sekali kan?

Komitmen seperti ini tentunya membutuhkan kesabaran yang ekstra, benteng pertahanan yang kuat, dan berbagai macam peralatan tempur lainnya. Karena di luar sana godaan pasti akan berbanding lurus dengan pertahanan anda. Sedikit saja anda lengahmaka habislah riwayat anda.

Belum lagi jika komitmen anda adalah komitmen adalah komitmen organisasi, dsb tentunya akan lebih berat lagi.

Nah.. demikianlah sebuah komitmen yang harus anda jaga sampai mati.

Semoga bermanfaat.:)

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Panduan Berkomentar, Klik disini