Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

mendapatkan uang dari wattpad
Wkyes - Apakah kamu sedang mencari cara menghasilkan uang dari wattpad? Jika iya, maka kamu tidak salah masuk kamar. Disini saya akan menyampaikan beberapa cara untuk menghasilkan uang dari wattpad. 

Dan ternyata yang mencari artikel ini bukan cuma kamu saja. Tetapi, teman-temanmu di luar sana juga banyak yang menanyakan tentang cara mendapatkan uang dari wattpad.

Berikut di bawah ini adalah daftar artikel relevan yang juga bisa kamu baca Sob :)
  1. Cara Bisnis Online Menghasilkan Banyak Uang
  2. Cara mendapatkan uang dari wattpad
  3. Keuntungan menulis di wattpad
  4. Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen
  5. Apakah bisa dapat uang dari wattpad
  6. Kirim tulisan dapat uang
  7. Menghasilkan uang dengan menulis artikel di internet
  8. Kelebihan wattpad
  9. Apakah nulis di wattpad dibayar
  10. Menulis novel online dibayar
Nah, banyak banget kan pertanyaan yang mirip-mirip banget dengan pertanyaanmu?

Baiklah, pada artikel ini, saya akan menyampaikan tentang cara menghasilkan uang atau earning dari wattpad.

Simak penjelasan berikut ini dengan seksama.
Mendapatkan earning dari wattpad, untuk sementara waktu ini tidak mutlak dari pihak wattpadnya,  Tapi sebuah alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari menulis di wattpad. Jadi wattpad adalah langkah awal untuk mendapatkan penghasilan.
Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan dari wattpad, maka ada beberapa hal yang setidaknya kamu lakukan, yaitu sebagai berikut.

    Daftar Isi Artikel Ini
  1. Menginstal wattpad di smartphone
  2. Membuat akun wattpad
  3. Buat tulisan
  4. Revisi tulisan
  5. Publikasi dan promosikan
  6. 9 cara untuk menghasilkan uang dari wattpad
  7. Kirim tulisan ke penerbit
  8. Jual tulisan dalam bentuk ebook
  9. Posting tulisan di blog yang dipasang iklan
  10. Endorse 
  11. Mempromosikan Produk Sendiri 
  12. Content Placement 
  13. Donasi 
  14. Jual Akun Wattpad
  15. Rahasia mendapatkan uang dari tulisan yang diposting di blog

Menginstal wattpad di smartphone

Gambar orang sedang menyentuh layar smartphone

Yups, kamu perlu mempunyai aplikasi wattpad dulu sebagai langkah awal untuk menuju tujuan akhir yaitu, menghasilkan uang. Tanpa aplikasi kamu tidak bisa mempublikasikan tulisan kamu. Dan mimpimu tentang menghasilkan uang dari wattpad pun hancur berantakan.

Cara menginstal wattpad di smartphone : 

  1. Masuk Ke Playstore
  2. Download aplikasinya
  3. Lalu instal
Alternatif lainnya adalah mengakses wattpad dengan pc/laptop.

Instal Aplikasi Pendukungnya

Selain aplikasi wattpad saya merekomendasikan juga untuk menginstal salah satu aplikasi pendukungnya (klik untuk melihat daftar aplikasinya) karena aplikasi pendukung tersebut sangat membantu proses pembuatan ceritanya dan juga cara mengembangkan ide agar bisa lebih powerfull.

Membuat akun wattpad

Gambar tulisan register

Setelah menginstal aplikasi wattpad di smartphone tentunya kamu harus membuat akun wattpadnya. Kamu bisa mendaftar menggunakan facebook dan akun google, atau mendaftar akun wattpad secara manual dengan memasukkan username, email, dan kata sandi. Jika kamu belum punya email, maka buat terlebih dulu.
Baca Juga : Cara Menjadikan Wattpad Sebagai Mesin Uang

Buat tulisan

gambar orang sedang facebookan

Nah, untuk mendapatkan uang dari wattpad tentunya kamu harus membuat tulisan dulu. Tanpa membuat tulisan tentunya kamu enggak bakalan bisa tiba-tiba menghasilkan uang dari wattpad, karena wattpad bukan mesin atm hehe..

Pertanyaannya, mau nulis apa?

Sebagian besar konten di wattpad adalah novel dan kata mutiara. Namun tak ada salahnya jika kamu menulis tulisan apa saja yang penting bermanfaat. Misalnya tips travelling, tips memasak, tips membuat Ngeblog, dsb sesuai dengan kreativitasmu.

Jika kamu belum bisa menulis seperti itu, tulislah pengalaman pribadi atau sesuatu yang bernuansa curhat, itung-itung belajar menulis sambil terus mengupgrade pengetahuan tentang dunia kepenulisan.

Revisi tulisan

Gambar orang yang sedang reparasi mobil

Setelah kamu membuat tulisan, langkah selanjutnya adalah revisi tulisan yang sudah kamu buat sehingga mempunyai nilai lebih, mudah dipahami, dan membuat nyaman pembaca. Selain itu juga patut diperhatikan juga masalah tata penulisan yang baik dan benar.

Sebelum merevisi tulisan alangkah baiknya kamu membaca tulisan itu terlebih dahulu dan mencari kata-kata yang perlu diperbaiki. Setelah itu, mintalah temanmu untuk menilai tulisan tersebut agar kamu juga tahu apa yang orang lain inginkan dan apa yang membuat orang lain nyaman.

Publikasi dan promosikan

Gambar orang yang sedang menunjuk gambar sosmed

Jika semua itu sudah siap, tinggal publikasikan di akun wattpadmu dan minta pendapat temen-temenmu untuk mengoreksi kembali tulisan yang sudah kamu buat. Tujuannya adalah agar tulisan yang sudah kamu buat bisa benar-benar matang dan pantas untuk disebarluaskan.

Nah itulah syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah tahap menghasilkan uang dari wattpad.

Beberapa cara untuk menghasilkan uang dari wattpad

Kirim tulisan ke penerbit

Gambar kumpulan buku

Yups, ini adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan mudah. Sambil terus berkarya, tulisan yang sudah kamu publikasi di wattpad juga dikirim ke penerbit sesuai dengan ketentuan penerbit. Tujuan dari pengiriman naskah tulisan ini adalah agar tulisan kamu diterbitkan dalam bentuk buku oleh penerbit yang bersangkutan, dan otomatis kamu akan mendapatkan profit, apalagi jika buku kamu laris manis di pasar, tentunya kamu akan mendapatkan uang lebih banyak.

Jual tulisan dalam bentuk ebook

Gambar layar ponsel yang sedang membuka ebook

Cara yang kedua ini mungkin bisa dijadikan alternatif jika tulisan yang kamu kirim, belum diterima oleh penerbit.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan tulisanmu dan menjadikannya ebook. Kemudian ebook itu bisa kamu promosikan melalui website, blog, ataupun sosial media. Jika tulisanmu bagus dan pintar berpromosi, maka tak mustahil jika ebook tersebut akan laris manis dan mendapatkan uang darinya.

Posting tulisan di blog yang dipasang iklan

Gambar tampilan laman posting wordpress

Nah, cara terakhir yang ketiga ini adalah cara yang paling nyaman, tapi mungkin akan sedikit lama. Dalam hal ini, maka kamu perlu mendapatkan pengunjung yang banyak untuk mendapatkan penghasilan. Karena, penghasilan akan didapatkan jika ada yang klik iklan. Tapi kalau tulisanmu memang benar-benar bagus, maka mungkin tidak akan kesusahan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Di Indonesia lumayan banyak penulis-penulis yang memposting tulisannya di blog dan mendapatkan pengunjung ribuan pengunjung perhari, salah satunya adalah Raditya Dika.

Endorse

Wattpad ternyata bisa dijadikan tempat untuk endorse loh. Kalau kamu sudah mendapatkan banyak followers, maka kamu bisa menawarkan jasa endorse kapada orang atau perusahaan yang membu\tuhkan. Namun tentunya kamu harus menyesuaikan antara tulisan yang kamu buat dengan orang atau perusahaan yang membutuhkan tempat promosi. Gampangnya sesuai antara tulisanmu dengan produk yang di endorsekan.

Misalnya kamu menulis seputar tips menulis. Maka kamu bisa menawarkan jasa endorse ke penerbit. Misalnya kamu menulis tentang otomotif, maka kamu bisa menawarkan jasa ke perusahaan otomotif dsb. Cara ini berlaku bagi kamu yang belum menerbitkan buku di penerbit, atau sedang menunggu persetujuan buku yang ingin diterbitkan, atau memang tidak bakat menulis buku cuma bakat mencari followers hehe..

Mempromosikan Produk Sendiri

Jika kamu mempunyai produk sendiri, misalnya produk pakaian ataupun apapun itu bentuknya. Sekali-sekali kamu bisa mengenalkan produk tersebut di akun wattpad. Namun tentunya jangan terlalu sering, karena itu akan membuat followers tidak suka, bahkan dianggap spam.

Kalau bisa sih buat tulisan yang bermanfaat yang terkait dengan produk, ataupun jika tulisan anda adalah berbentuk cerita, maka kamu bisa membuat cerita yang di dalamnya memperkenalkan produk melalui tokoh dalam cerita. Ini akan lebih halus atau istilah kerennya soft selling.

Content Placement

Nah, istilah ini biasanya digunaka oleh para blogger. Content placement adalah istilah promosi namun sebenarnya si pembuat konten menginginkan sebuah backlink di sebuah blog. Nah di wattpad juga bisa. Kalau followersnya sudah banyak bisa juga tuh membuka jasa content placement di akun wattpadnya.

Ya sebenarnya mirip-mirip sih sama endorse. Namun untuk content placement itu sifatnya selamanya, sedangkan untuk endorse itu sifatnya sementara misalnya sebulan, setahun, dst. Tentunya untuk content placement harganya lebih mahal dibandingkan dengan endorse karena tanpa ada jangka waktunya atau tidak dihapus.

Donasi

Kalau yang satu ini agak ekstrim, namun ini juga biasa dilakukan oleh blogger. Nah kamu bisa menirunya. Cantumkan link donasi paypal atau langsung mencantumkan no rekening. Terserah Anda pilih yang mana. Kalau takut silakan pakai paypal, kalau nggak takut silakan bisa pakai no rekening langsung.

Lalu bagaimana cara melakukan call to action donasi?

Kamu bisa melakukan dengan banyak cara. Bisa langsung mencantumkannya di deskripsi profil, deskripsi tulisan, atau di akhir tulisan, atau bisa juga menyembunyikan beberapa bab dan untuk membaca lebih lanjut mengharuskan pembaca untuk donasi. Ya pokoknya sekreatifnya lah. Namun lakukan secara professional. Jangan sampai terlihat meminta-minta.

Jual Akun Wattpad

Ups. Cara yang terakhir ini adalah cara yang sangat ekstrim. Hehe.. Ini berlaku buat kamu yang udah bosen dengan akun wattpadmu. Silakan jual kalau memang ingin mendapatkan uang. Yah tentunya akan cepat laris kalau followersnya sudah banyak. Tapi apa rela jual akun wattpad yang udah dibangun berbulan-bulan? Hehe

Yah. itu terserah kamu, saya cuma memberikan solusi yang mungkin perlu kamu pikirkan kembali sebelum kamu merasa rugi. Hehe..

Rahasia mendapatkan uang dari tulisan yang diposting di blog

Nah. Kalo penasaran dengan cara ini langsung saja ikuti link di bawah ini. disini saya sudah memaparkan materinya dari awal sampai akhir dan materi disini sifatnya hanya membuka wawasan saja sedangkan untuk selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri. Sukses atau tidaknya tergantung pada usaha dan ketekunan Anda dalam berproses. Ini dia linknya All Of About Blogging, dan ini adalah pendukungnya : Belajar SEO Wordpress

Nah. Demikianlah 9 cara menghasilkan uang dari wattpad versi Wkyes.

Semoga bermanfaat :)


Newest
You are reading the newest post

20 komentar:

  1. Bang itu uang dikirim kemana? Bank atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Poin berapa nih yang ditanyain?

      Hapus
    2. Seperti yang sudah saya sampaikan dalam artikel bahwa Mendapatkan earning dari wattpad, untuk sementara waktu ini tidak mutlak dari pihak wattpadnya, Tapi sebuah alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari menulis di wattpad. Jadi wattpad adalah langkah awal untuk mendapatkan penghasilan.

      Jika kamu mengirim tulisan ke penerbit, maka penghasilan itu tentunya dari hasil penjualan buku yang sudah diterbitkan sesuai dengan ketentuan penerbit.

      Jika kamu membuatnya menjadi ebook maka penghasilannya dari hasil menjual ebook.

      Dan jika kamu mem-poting tulisanmu ke blog dan memonetisasinya, maka kamu akan mendapatkan penghasilan dari advertisernya.

      :)

      Hapus
    3. berarti kita mempostingnya ke wattpad dan ke blog juga ya?

      Hapus
    4. Yups. Lebih tepatnya ke blog dulu baru ke wattpad, biar blognya lebih Seo friendly :)

      Hapus
  2. Kirain dapet incomenya langsung dari wattpad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cuma medianya. Tapi lumayan kalo dimanfaatkan :)

      Hapus
  3. Jadi ga bisa langsung dpt honor dr wattpad nya dong? 😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kita hanya bisa memanfaatkan wattpad sebagai batu loncatan untuk belajar dan numpang tenar biar cepet terkenal :-)

      Hapus
  4. dicoba dulu boss mantep nih. an Bayu Afrizatul Rizki

    BalasHapus
  5. huhuhu...padahal berharap dikasih dari wattpadnya langsung...
    tulisannya udah ribuan org yg baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah banyak yang baca dan udah banyak followernya, Langsung aja di alihkan ke blog kak. Sebagai referensi lihat blog "hoeda manis" ini blog catatan harian dan pengunjungnya udah banyak tapi dia buat promosi produknya sendiri. Dan biasanya banyak juga orang yang ingin direview produknya dan tentunya mereka mau membayar jasa reviewnya.

      Hapus
  6. Gimana ya ka kalo tulisan atau karangan yang kita masukin ke blog dicopy orang gt ka?
    Apa kita tidak merasa dirugikn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti rugi kak. Kalo bisa dikasih lisensi biar nggak dicopas kak.

      Hapus

Panduan Berkomentar, Klik disini