Cara Menjadi Seorang Penulis Novel Professional

Gambar orang yang sedang berdiri
Wkyes.me - Halo Sob. Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara paling mudah menjadi penulis novel yang professional.

Berkaitan dengan kata professional, maka tak lepas dari yang namanya aturan-aturan atau norma-norma yang berlaku. Dalam hal ini adalah di dunia kepenulisan novel itu sendiri.

Baiklah simak baik-baik penjelasan yang saya tuliskan di bawah ini.

Baca Juga Artikel Berikut ini :
  1. cara menjadi penulis novel pemula
  2. cara menjadi penulis novel anime
  3. cara menjadi penulis novel gramedia
  4. cara menjadi penulis novel terkenal
  5. cara menjadi seorang penulis buku
  6. cara menjadi penulis best seller
  7. tips menjadi penulis pemula
  8. syarat bekerja menjadi penulis buku

Cara menjadi penulis novel yang professional

Bagaimana sih caranya agar aku bisa jadi penulis novel yang professional?

Untuk menjadi penulis novel yang professional setidaknya kamu harus mempunyai beberapa modal berikut ini.

Mempunyai keinginan yang kuat

Kamu harus punya keinginan untuk maju dulu, karena jika kamu sudah punya keinginan, maka kamu akan mendapatkan dorongan yang kuat dari dalam diri kamu sendiri. Hal ini akan membantu kamu jika suatu saat nanti menemui masalah. Kalau kamu tidak punya keinginan yang kuat, maka sudah dapat dipastikan akan berhenti di tengah jalan.

Tapi jika kamu sudah mempunyai keinginan yang kuat, maka apapun masalahnya tak akan pernah menghentikan impianmu itu. Oleh karena itu keinginan yang kuat sangat diperlukan untuk kelancaran proses menuju harapanmu.

Telaten

Ya, kamu harus telaten, mau berproses secara bertahap, sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit. Untuk menjadi penulis novel yang professional harus mau berproses dan hindari jauh pikiran untuk segera mendapatkan gelar penulis professional. Karena sebenarnya penulis novel professional adalah mereka yang mau melakukan hal sesuai aturan dan menghindari kecurangan-kecurangan.

Jika kamu tidak telaten, maka akan bosan dan cenderung ingin melakukan semuanya tanpa proses yang panjang, sehingga apapun caranya, kamu rela melakukannya padahal itu melanggar aturan.

Jika hal ini terjadi maka kamu justru tidak akan meraih apa yang kamu harapkan.

Mau belajar sungguh-sungguh

Untuk menjadi seorang penulis novel yang professional tentunya harus belajar, belajar, dan terus belajar. Setiap waktu harus mengupgrade pengetahuannya, yaitu yang berkaitan dengan dunia kepenulisan novel. Mau mempelajari fenomena-fenomena yang terjadi di waktu dekat, dan mau membaca lebih banyak.

Menerima kritik dan saran

Yups, kamu harus menerima kritik dan saran dari orang lain, terlebih lagi yang memberi kritik dan saran adalah orang yang jauh lebih tahu daripada kamu. Tapi perlu disaring juga, mana kritik saran yang membangun, dan mana yang tidak. Semuanya tetap harus diterima, tapi tidak semuanya juga harus kamu turuti.

Mengetahui cara penulisan novel

Dalam poin ini tentunya sangat penting untuk kamu dalami, karena mengetahui tata cara penulisan novel adalah wajib bagi seorang penulis novel agar karyanya benar-benar dianggap sebagai novel, bukan cerpen ataupun puisi.

Mengetahui tata bahasa Indonesia

Agar novel yang dibuat dapat menarik perhatian pembaca, maka kamu harus mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik dan yang benar. Tata bahasa Indonesia yang baik dan yang benar membuat pembaca merasa nyaman dan mau berlama-lama dalam membaca novelmu.

Pernahkan, membaca tulisan di blog atau di wattpad yang bentuknya amburadul?
Walaupun materinya bagus, pasti kamu sangat terganggu kan?
Nah, dengan mengetahui tata bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka kamu berhak menjadi penulis novel yang professional.

Bergabung di grup atau forum penulis

Disini adalah cara untuk mengupgrade pengetahuan dan informasi tentang dunia kepenulisan, karena yang ada di grup dan forum adalah sama juga hobinya. Biasanya disini terdapat banyak materi baru dan informasi yang selalu update tiap waktunya.
***
Selesai

Demikianlah Cara Menjadi Seorang Penulis Novel Professional.

Semoga bermanfaat :)

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Panduan Berkomentar, Klik disini