Pengaruh Banjir Bagi Pemukiman Desa Panjang

Jika anda sedang mencari artikel tentang pengaruh banjir bagi pemukiman desa Panjang. Maka disinilah anda dapat menemukan artikelnya. Artikel ini adalah salah satu tulisan yang menggambarkan pengaruh yang kuat terhadap fenomena yang terjadi di desa Panjang.

“PENGARUH BANJIR BAGI PEMUKIMAN DESA PANJANG”

BAB 1 

PENDAHULUAN 

A. Latar belakang
Banjir adalah musibah merugikan warga sekitar, karena ulah manusia dari manusia sendiri yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya dan tidak bisa mengolah limbah dengan baik. Banjir mempunyai dampak negatif bagi masyarakat di sekitarnya, salah satunya kerusakan fisik seperti rumah, jembatan, dan bangunan bangunan lainya. Dan banjir berdampak pada pengaruh bagi masyarakat sekitar.

Banjir juga dapat terjadi di sungai/danau bahkan bisa terjadi di pesisir pantai ketika aliran air melebihi kapasitas terutama di selokan selokan. Banjir mengakibatkn kerusakan rumah, meski kerusakannya dapat di hindari dengan pindah menjauh dari daerah banjir.


B. Rumusan masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:

1. Apa dampak banjir bagi masyarakat desa panjang?

2. Bagaimana pengaruh banjir masyarakat desa panjang?


C. Tujuan penulisan

Tujuan penulisan karya tulis ilmiah ini adalah

Formal: Memenuhi nilai tugas bahasa Indonesia

informal:

1. Untuk mengetahui dampak banjir bagi masyarakat desa panjang

2. Untuk mengetahui dampak banjir bagi masyarakat desa panjang


D. Manfaat penulisan 
Manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah

1. Mengetahui dampak dari banjir bagi masyarakat desa panjang

2. Mengetahui pengaruh banjir bagi masyarakat desa panjang


E. Strategi penelitian
a. Menentukan metode dan teknik penelitian

b. Mengumpulkn data dan informasi

- Populasi

- Sampel

c. Menganalisis data penelitian

d. Menyimpulkan hasil penilitian


F. Metode dan teknik penelitian

1. Penelitian ini menggunakan metode:

a. Metode kualitatif

Metode kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderug menggunakan analisis. Proses penelitian lebih ditonjolkan.

2. Teknik penelitian adalan cara memperoleh atau mengumpulkan data penelitian teknik yang digunakan dalam penelitian ini :

a. Kajian pustaka

Kajian kespustakaan merupakan suatu kegiatan untuk menelusuri dan menelaah teori teori yang terdapat di perpustakaan (buku, majalah, koran, internet)

b. Dokumentasi adalah teknik untuk pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian, melainkan kepada dokumen dokumen tertentu.


BAB 2 

PEMBAHASAN 


A. Dampak banjir bagi masyarakat desa panjang

Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika air berlebihan merendam daratan, sehingga debit air menjadi naik.Dampak dari banjir bagi warga desa panjang banyak limbah sampah yang masuk kerumah sehingga rumah menjadi kumuh dan banyak wabah penyakit. Selain itu juga akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Banjir juga akan menghambat pekerjaan seseorang karena rumah nya terendam banjir mestinya ingin membersihkan rumahnya, banyak masyarakat yang kehilangan barang berharga karena terendam banjir.

B. Bagaimana pengaruh banjir bagi masyarakat desa panjang

Banjir karena fktor dari manusia sendiri yang membuang sampang sembarangan dan tidak mengolah sampah atau limbah dengan baik dan benar.

1. Penebangan hutan liar
Penebangan hutan secara liar yang membuat hutan menjadi gundul merupakan salah satu penyebab banjir. Hal ini karena, akar pohon memiliki fungsi untuk menyerap air. Oleh sebab itu, jika banyak pohon yang hilang maka akan dengan mudah terjadi bencana banjir contohnya Buang sampah sembarangan.

Penyebab banjir yang satu ini sudah tidak asing lagi. Sampah yang dibuang sembarang khususnya apabila dibuang di sungai atau aliran air lainnya dapat menyumbat aliran air tersebut sehingga dapat meluap dan menyebabkan terjadinya banjir.

2. Pemukiman di bantaran sungai atau aliran air

Pemukiman yang didirikan di bantaran sungai mengakibatkan sungai tersebut rentan terjadi pendangkalan. Pendangkalan yang terjadi di sungai karena kebiasaan untuk membuang sampah ke sungai serta keadaan tanah di kiri kanan bangunan tersebut dapat saja ambles dan kemudian menutup sisi sungai. Sehingga sungai menjadi menyempit dan rawan banjir.

3. Dataran rendah


Daerah-daerah yang berada di dataran rendah dapat menyebabkan banjir, hal ini karena luapan air yang mengalir dari tempat di dataran tinggi ke rendah sehingga dapat beresiko terkena banjir.

4. Curah hujan yang tinggi

Penyebab banjir ini disebabkan karena faktor cuaca. Apabila terdapat daerah yang memiliki curah hujan tinggi dan terjadi berlarut-larut dalam jangka waktu lama, memiliki resiko yang besar untuk terjadi banjir terlebih jika berada di dataran rendah.

5. Drainase yang sudah diubah tanpa memperhatikan Amdal

Drainase yang sudah diubah tanpa memperhatikan amdal yang terlebih di lingkungan perkotaan. Daerah hutan ataupun rawa yang dapat membantu untuk mencegah atau mengurangi banjir, namun dipakai untuk membangun mall atau bangunan lainnya sehingga merusak lapisan atmosfer dan akan mudah beresiko terjadinya banjir.

6. Bendungan yang jebol

Bendungan yang jebol adalah salah satu penyebab banjir disekitar lingkungan yang daerah tersebut kurang terawat serta mudah dirusak kelestariannya, dengan memanfaatkan sesuatu yang tidak pada tempatnya dan juga hasilnya dapat berakibat banjir bandang yang sangat merugikan.

7. Salah sistem kelola tata ruang


Penyebab banjir yang satu ini dapat mengakibatkan air sulit untuk menyerap serta alirannya lambat. Sementara air yang datang ke wilayah tersebut jumlahnya akan lebih banyak dari yang biasanya dialirkan sehingga dapat dengan cepat terjadi banjir.

8. Tanah yang sudah tidak dapat menyerap air


Tanah yang sudah tidak dapat untuk menyerap air dapat dikarenakan beberapa faktor, salah satunya karena tanah tersebut sudah jarang ditemukan lahan hijau ataupun lahan kosong. Sehingga air tidak terserap ke dalam tanah melainkan langsung masuk ke sungai, danau, selokan, atau saluran air yang lainnya. Air yang ada dalam jumlah banyak apabila sudah tidak dapat tertampung oleh saluran air tersebut dapat menggenang serta menyebabkan banjir.



BAB 3 


PENUTUP 

A. Kesimpulan

Berbagai dampak yang di timbulkan oleh banjir tersebut berdampak negatif. Dampak dari banjir bagi warga desa panjang banyak limbah sampah yang masuk kerumah sehingga rumah menjadi kumuh dan banyak wabah penyakit. Selain itu juga akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Banjir juga akan menghambat pekerjaan seseorang karena rumah nya terendam banjir mestinya ingin membersihkan rumahnya, banyak masyarakat yang kehilangan barang berharga karena terendam banjir. Banjir karena fktor dari manusia sendiri yang membuang sampang sembarangan dan tidak mengolah sampah atau limbah dengan baik dan benar.

B. SARAN

Dukungan masyarakat menjadikan pemerintah kota untuk memberikan bantuan sosial. Dan seharusnya masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

DAFTAR PUSTAKA 


Http:/www.artikelsiana.com/2015/8-pengertian-banjir-penyebab-dampak-cara-html?=1












Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Panduan Berkomentar, Klik disini