Pengaruh dan Cara Mengatasi Broken Link pada Blog

Cara Mengatasi Broken Link

Wkyes - Beberapa bulan yang lalu saya mendapati munculnya beberapa pesaing baru di keyword andalan blog ini. Semakin kesini peringkat artikel blog ini semakin turun. Tadinya peringkat 1, kemudian turun secara berangsur-angsur hingga berada di posisi 7.

Dikira Masalah Otoritas

Saya sebelumnya hanya curiga mungkin otoritas blog pesaing lebih tinggi sehingga blog saya kalah. Mereka juga menggunakan domain TLD dan juga sebagiannya lagi menggunakan hosting premium. Saya memaklumi saat blog saya mengalami penurunan hingga peringkat 5.

Namun semakin kesini blog lama saya yang sama-sama menggunakan blogspot, bahkan blog tersebut hanya memiliki sedikit konten bisa dihitung dengan jari, serta masalah backlink mungkin nggak ada atau hanya beberapa, kok tiba-tiba muncul di atas bloh ini. Nah dari sini menimbulkan kecurigaan saya. Membuat saya bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata Inilah Penyebab Aslinya

Setelah cek ricek dan iseng-iseng cek brokenlink, saya terkedjoed. Ternyata jumlah broken link darj blog ini jumlahnya ratusan, dan hal tersebut mendapat kontribusi besar dari konten andalah blog ini. Broken link tersebut berasal dari komentar, yaitu profil komentator yang diprivat. Ini menyebabkan link tidak bisa diakses dan memunculkan pesan 404.

Akhirnya saya membersihkan ratusan brokenlink tersebut dengan cara menghapusnya satu persatu. Lumayan capek juga sih. Namun setelah selesai, saya mencoba merubah judul konten dengan yang lebih menarik, lalu saya submit ke webmaster google dengan cara inspect url. Beberapa menit kemudian saya cek, peringkat konten sudah naik dari peringkat 7 ke peringkat 5.

Mendapatkan Peringkat yang Fair

Dan ini baru peringkat yang menurut saya fair, karena yang ada di atas konten blog saya adalah blog yang menggunakan TLD dan sebagian menggunakan hosting berbayar dan otoritasnya lebih tinggi dari blog saya. Sedangkan blog saya yang sebelumnya berada di atas konten blog ini berubah menjadi di bawahnya 2 peringkat dari konten blog ini.

Ke depannya saya sangat yakin jika blog saya akan berangsur naik ke atas karena kontennya saya bikin yang super duper. Jumlah katanya lebih banyak daripada yang lainnya, mungkin 2-3x dari pesaing. Jika tidak berangsur naik, maka akan saya paksa naik dengan cara menyiramnya dengan vitamin yaitu backlink hehe...

* * *

Begitulah cerita pengaruh broken link terhadap peringkat blog di mesin telusur. Maka perlu diperhatikan betul tentang brokenlink ini. Anda harus waspada dan jangan seneng dulu kalau artikel banyak yang komentar. Di sisi lain memang itu memberikan efek yang bagus terkait dengan otoritas konten. Namun Anda akan menanggung risiko penurunan peringkat jika ternyata mereka memberikan kontribusi brokenlink.

Saya kira cukup sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.


Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Panduan Berkomentar, Klik disini