Latest Posts

, 17.03

Cara Menghasilkan Uang dari Wattpad

mendapatkan uang dari wattpad
Wkyes - Apakah kamu sedang mencari cara menghasilkan uang dari wattpad? Jika iya, maka kamu tidak salah masuk kamar. Disini saya akan menyampaikan beberapa cara untuk menghasilkan uang dari wattpad. 

Dan ternyata yang mencari artikel ini bukan cuma kamu saja. Tetapi, teman-temanmu di luar sana juga banyak yang menanyakan tentang cara mendapatkan uang dari wattpad.

Berikut di bawah ini adalah daftar artikel relevan yang juga bisa kamu baca Sob :)
  1. Cara Bisnis Online Menghasilkan Banyak Uang
  2. Cara mendapatkan uang dari wattpad
  3. Keuntungan menulis di wattpad
  4. Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen
  5. Apakah bisa dapat uang dari wattpad
  6. Kirim tulisan dapat uang
  7. Menghasilkan uang dengan menulis artikel di internet
  8. Kelebihan wattpad
  9. Apakah nulis di wattpad dibayar
  10. Menulis novel online dibayar
Nah, banyak banget kan pertanyaan yang mirip-mirip banget dengan pertanyaanmu?

Baiklah, pada artikel ini, saya akan menyampaikan tentang cara menghasilkan uang atau earning dari wattpad.

Simak penjelasan berikut ini dengan seksama.
Mendapatkan earning dari wattpad, untuk sementara waktu ini tidak mutlak dari pihak wattpadnya,  Tapi sebuah alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari menulis di wattpad. Jadi wattpad adalah langkah awal untuk mendapatkan penghasilan.
Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan dari wattpad, maka ada beberapa hal yang setidaknya kamu lakukan, yaitu sebagai berikut.

    Daftar Isi Artikel Ini
  1. Menginstal wattpad di smartphone
  2. Membuat akun wattpad
  3. Buat tulisan
  4. Revisi tulisan
  5. Publikasi dan promosikan
  6. 9 cara untuk menghasilkan uang dari wattpad
  7. Kirim tulisan ke penerbit
  8. Jual tulisan dalam bentuk ebook
  9. Posting tulisan di blog yang dipasang iklan
  10. Endorse 
  11. Mempromosikan Produk Sendiri 
  12. Content Placement 
  13. Donasi 
  14. Jual Akun Wattpad
  15. Rahasia mendapatkan uang dari tulisan yang diposting di blog

Menginstal wattpad di smartphone

Gambar orang sedang menyentuh layar smartphone

Yups, kamu perlu mempunyai aplikasi wattpad dulu sebagai langkah awal untuk menuju tujuan akhir yaitu, menghasilkan uang. Tanpa aplikasi kamu tidak bisa mempublikasikan tulisan kamu. Dan mimpimu tentang menghasilkan uang dari wattpad pun hancur berantakan.

Cara menginstal wattpad di smartphone : 

  1. Masuk Ke Playstore
  2. Download aplikasinya
  3. Lalu instal
Alternatif lainnya adalah mengakses wattpad dengan pc/laptop.

Instal Aplikasi Pendukungnya

Selain aplikasi wattpad saya merekomendasikan juga untuk menginstal salah satu aplikasi pendukungnya (klik untuk melihat daftar aplikasinya) karena aplikasi pendukung tersebut sangat membantu proses pembuatan ceritanya dan juga cara mengembangkan ide agar bisa lebih powerfull.

Membuat akun wattpad

Gambar tulisan register

Setelah menginstal aplikasi wattpad di smartphone tentunya kamu harus membuat akun wattpadnya. Kamu bisa mendaftar menggunakan facebook dan akun google, atau mendaftar akun wattpad secara manual dengan memasukkan username, email, dan kata sandi. Jika kamu belum punya email, maka buat terlebih dulu.
Baca Juga : Cara Menjadikan Wattpad Sebagai Mesin Uang

Buat tulisan

gambar orang sedang facebookan

Nah, untuk mendapatkan uang dari wattpad tentunya kamu harus membuat tulisan dulu. Tanpa membuat tulisan tentunya kamu enggak bakalan bisa tiba-tiba menghasilkan uang dari wattpad, karena wattpad bukan mesin atm hehe..

Pertanyaannya, mau nulis apa?

Sebagian besar konten di wattpad adalah novel dan kata mutiara. Namun tak ada salahnya jika kamu menulis tulisan apa saja yang penting bermanfaat. Misalnya tips travelling, tips memasak, tips membuat Ngeblog, dsb sesuai dengan kreativitasmu.

Jika kamu belum bisa menulis seperti itu, tulislah pengalaman pribadi atau sesuatu yang bernuansa curhat, itung-itung belajar menulis sambil terus mengupgrade pengetahuan tentang dunia kepenulisan.

Revisi tulisan

Gambar orang yang sedang reparasi mobil

Setelah kamu membuat tulisan, langkah selanjutnya adalah revisi tulisan yang sudah kamu buat sehingga mempunyai nilai lebih, mudah dipahami, dan membuat nyaman pembaca. Selain itu juga patut diperhatikan juga masalah tata penulisan yang baik dan benar.

Sebelum merevisi tulisan alangkah baiknya kamu membaca tulisan itu terlebih dahulu dan mencari kata-kata yang perlu diperbaiki. Setelah itu, mintalah temanmu untuk menilai tulisan tersebut agar kamu juga tahu apa yang orang lain inginkan dan apa yang membuat orang lain nyaman.

Publikasi dan promosikan

Gambar orang yang sedang menunjuk gambar sosmed

Jika semua itu sudah siap, tinggal publikasikan di akun wattpadmu dan minta pendapat temen-temenmu untuk mengoreksi kembali tulisan yang sudah kamu buat. Tujuannya adalah agar tulisan yang sudah kamu buat bisa benar-benar matang dan pantas untuk disebarluaskan.

Nah itulah syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Jika semua itu sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah tahap menghasilkan uang dari wattpad.

Beberapa cara untuk menghasilkan uang dari wattpad

Kirim tulisan ke penerbit

Gambar kumpulan buku

Yups, ini adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan mudah. Sambil terus berkarya, tulisan yang sudah kamu publikasi di wattpad juga dikirim ke penerbit sesuai dengan ketentuan penerbit. Tujuan dari pengiriman naskah tulisan ini adalah agar tulisan kamu diterbitkan dalam bentuk buku oleh penerbit yang bersangkutan, dan otomatis kamu akan mendapatkan profit, apalagi jika buku kamu laris manis di pasar, tentunya kamu akan mendapatkan uang lebih banyak.

Jual tulisan dalam bentuk ebook

Gambar layar ponsel yang sedang membuka ebook

Cara yang kedua ini mungkin bisa dijadikan alternatif jika tulisan yang kamu kirim, belum diterima oleh penerbit.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan tulisanmu dan menjadikannya ebook. Kemudian ebook itu bisa kamu promosikan melalui website, blog, ataupun sosial media. Jika tulisanmu bagus dan pintar berpromosi, maka tak mustahil jika ebook tersebut akan laris manis dan mendapatkan uang darinya.

Posting tulisan di blog yang dipasang iklan

Gambar tampilan laman posting wordpress

Nah, cara terakhir yang ketiga ini adalah cara yang paling nyaman, tapi mungkin akan sedikit lama. Dalam hal ini, maka kamu perlu mendapatkan pengunjung yang banyak untuk mendapatkan penghasilan. Karena, penghasilan akan didapatkan jika ada yang klik iklan. Tapi kalau tulisanmu memang benar-benar bagus, maka mungkin tidak akan kesusahan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Di Indonesia lumayan banyak penulis-penulis yang memposting tulisannya di blog dan mendapatkan pengunjung ribuan pengunjung perhari, salah satunya adalah Raditya Dika.

Endorse

Wattpad ternyata bisa dijadikan tempat untuk endorse loh. Kalau kamu sudah mendapatkan banyak followers, maka kamu bisa menawarkan jasa endorse kapada orang atau perusahaan yang membu\tuhkan. Namun tentunya kamu harus menyesuaikan antara tulisan yang kamu buat dengan orang atau perusahaan yang membutuhkan tempat promosi. Gampangnya sesuai antara tulisanmu dengan produk yang di endorsekan.

Misalnya kamu menulis seputar tips menulis. Maka kamu bisa menawarkan jasa endorse ke penerbit. Misalnya kamu menulis tentang otomotif, maka kamu bisa menawarkan jasa ke perusahaan otomotif dsb. Cara ini berlaku bagi kamu yang belum menerbitkan buku di penerbit, atau sedang menunggu persetujuan buku yang ingin diterbitkan, atau memang tidak bakat menulis buku cuma bakat mencari followers hehe..

Mempromosikan Produk Sendiri

Jika kamu mempunyai produk sendiri, misalnya produk pakaian ataupun apapun itu bentuknya. Sekali-sekali kamu bisa mengenalkan produk tersebut di akun wattpad. Namun tentunya jangan terlalu sering, karena itu akan membuat followers tidak suka, bahkan dianggap spam.

Kalau bisa sih buat tulisan yang bermanfaat yang terkait dengan produk, ataupun jika tulisan anda adalah berbentuk cerita, maka kamu bisa membuat cerita yang di dalamnya memperkenalkan produk melalui tokoh dalam cerita. Ini akan lebih halus atau istilah kerennya soft selling.

Content Placement

Nah, istilah ini biasanya digunaka oleh para blogger. Content placement adalah istilah promosi namun sebenarnya si pembuat konten menginginkan sebuah backlink di sebuah blog. Nah di wattpad juga bisa. Kalau followersnya sudah banyak bisa juga tuh membuka jasa content placement di akun wattpadnya.

Ya sebenarnya mirip-mirip sih sama endorse. Namun untuk content placement itu sifatnya selamanya, sedangkan untuk endorse itu sifatnya sementara misalnya sebulan, setahun, dst. Tentunya untuk content placement harganya lebih mahal dibandingkan dengan endorse karena tanpa ada jangka waktunya atau tidak dihapus.

Donasi

Kalau yang satu ini agak ekstrim, namun ini juga biasa dilakukan oleh blogger. Nah kamu bisa menirunya. Cantumkan link donasi paypal atau langsung mencantumkan no rekening. Terserah Anda pilih yang mana. Kalau takut silakan pakai paypal, kalau nggak takut silakan bisa pakai no rekening langsung.

Lalu bagaimana cara melakukan call to action donasi?

Kamu bisa melakukan dengan banyak cara. Bisa langsung mencantumkannya di deskripsi profil, deskripsi tulisan, atau di akhir tulisan, atau bisa juga menyembunyikan beberapa bab dan untuk membaca lebih lanjut mengharuskan pembaca untuk donasi. Ya pokoknya sekreatifnya lah. Namun lakukan secara professional. Jangan sampai terlihat meminta-minta.

Jual Akun Wattpad

Ups. Cara yang terakhir ini adalah cara yang sangat ekstrim. Hehe.. Ini berlaku buat kamu yang udah bosen dengan akun wattpadmu. Silakan jual kalau memang ingin mendapatkan uang. Yah tentunya akan cepat laris kalau followersnya sudah banyak. Tapi apa rela jual akun wattpad yang udah dibangun berbulan-bulan? Hehe

Yah. itu terserah kamu, saya cuma memberikan solusi yang mungkin perlu kamu pikirkan kembali sebelum kamu merasa rugi. Hehe..

Rahasia mendapatkan uang dari tulisan yang diposting di blog

Nah. Kalo penasaran dengan cara ini langsung saja ikuti link di bawah ini. disini saya sudah memaparkan materinya dari awal sampai akhir dan materi disini sifatnya hanya membuka wawasan saja sedangkan untuk selanjutnya bisa anda kembangkan sendiri. Sukses atau tidaknya tergantung pada usaha dan ketekunan Anda dalam berproses. Ini dia linknya All Of About Blogging, dan ini adalah pendukungnya : Belajar SEO Wordpress

Nah. Demikianlah 9 cara menghasilkan uang dari wattpad versi Wkyes.

Semoga bermanfaat :)
14.09

Peran Ulama Dalam Menggerakkan Perekonomian

Roda Ekonomi

Wkyes - Berdasarkan surat Fathir ayat 27, 28, 29 disimpulkan bahwa ulama ialah mereka yang memiliki perhatian serius terhadap fenomena alam dan fenomena sosial, dapat menjelaskan, dan mampu memahami hal-hal tersebut sebagai ciptaan dan ayat-ayatNya yang mencerminkan kemahasempurnaanNya, sekaligus juga memahami kitabNya, serta konsisten beribadah dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. 

Hanya mereka inilah yang dipandang oleh Allah sebagai hamba yang sebenar-benarnya takut kepadaNya. Tidak seperti dalam agama-agama lain, sekalipun demikian tinggi kedudukan mereka, mereka sama sekali tidak diberikan oleh Islam otoritas keagamaan. Salah satu fenomena sosial yang menjadi perhatian mereka adalah kehidupan ekonomi umat. 

Dalam kaitan dengan ini mereka telah meletakkan berbagai para- digma yang digali dari sunnah-sunnah dan kitab suciNya, serta berbagai korpus yang ditinggalkan oleh Nabi saw. Produk para ulama yang paling signifikan dengan persoalan ekonomi adalah fiqh yang membicarakan tentang pranata yang mengatur hubungan-hubungan kehartaan antar anggota masyarakat (al-ahkam al-madaniyyah), serta antar berbagai institusi, termasuk juga institusi negara (al-ahkam al-iqtishadiyyah wa al-maliyyah). 

Fiqh inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya ilmu ekonomi Islam dewasa ini. Prinsip-prinsip umum yang diletakkan oleh para ulama dalam bidang ekonomi ialah: 
  1. Pemilik hakiki harta benda adalah Allah semata. 
  2. Manusia memiliki harta dalam arti sebagai kepemilikan pinjaman belaka (al-milkiyyah al-musytaqqah). 
  3. Sebagai konsekuensi logis paradigma tauhid, manusia dituntut berlaku adil, dan menjadikan orang lain sebagai sesama saudara dalam semua hal, termasuk juga dalam bidang ekonomi. 
  4. Untuk memecahkan persoalan-persoalan hidupnya, termasuk juga ekonomi, manusia tidak boleh hanya mengandalkan akal dan pengalaman empiris belaka, tetapi harus juga bahkan terutama berpegang pada intuisi dan agama. 
  5. Tujuan seluruh aktifitas ekonomi, bukan sekedar untuk kepentingan material progress bagi kesejahteraan internal duniawi, tetapi juga bahkan lebih penting lagi untuk kesejahteraan hidup eksternal ukhrawi dalam keridlaanNya. 
  6. Oleh karena manusia itu bukan makhluk sosial atau makhluk individual semata, tetapi perpaduan yang harmonis antara keduanya yang secara esensial berada dalam relasi Allah, maka sistem ekonomi harus didasarkan atas paradigma ini. 
  7. Semua aktifitas ekonomi harus bersih dari segala yang diharamkan oleh Islam. 
  8. Manusia diperintahkan untuk bekerja seoptimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan ekonominya. 
  9. Nilai manusia tidak diletakkan pada ukuran terakumulasi atau tidaknya harta kekayaan, tetapi diletakkan pada ada tidaknya upaya unutk memenuhi kebutuhan ekonomi, cara mendapatkan, pandangannya terhadap, serta cara pembelanjaan hartanya, jika semuanya ini baik, baiklah manusia, jika tidak, sebaliknya.
Dengan prinsip-prinsip di atas para ulama menggerakkan perekonomian umat. Bahkan tidak jarang mereka sendiri juga terjun secara langsung, sebagai pelaku-pelaku aktifitas ekonomi yang handal, yang tentu saja tanpa mengabaikan prinsip-prinsip di atas. Sebagai ilustrasi tentang ini berikut disampaikan pengalaman sosok seorang ulama klasik dalam menggeluti dunia perdagangan, yaitu Abu Hanifah (80-150 H.). 

Tidak jarang ia menutup tokonya ketika sedang banyak orang akan membeli barang dagangannya pada waktu yang juga masih belum siang. Berkali-kali ia ditanya, mengapa itu ia lakukan, tetapi ia tidak mau menjawabnya. Suatu ketika ia jengkel ditanya dengan pertanyaan yang sama secara berulang-ulang. 

Akhirnya ia menjawab, bahwa ia sengaja menutup tokonya, agar orang-orang tersebut mau beralih ke toko sebelahnya yang selalu sepi pembeli padahal barang dagangannya sama dengan yamg ia jual. Itu semua dilakukan atas dasar kedalaman spiritual keagamaan dan intuisinya, walaupun dari sisi akalnya ia dapat memahami mengapa para pembeli tertarik pada dagangannya, padahal sama saja dengan dagangan tetangga toko di sebelahnya. Ia melayani pembeli dengan sebaik-baiknya, sedang tetangganya tampaknya kurang memperhatikan aspek ini.

Di samping para ulama meletakkan paradigma di atas, mereka juga menyadari tuntutan Allah agar mereka menafakahkan sebagian rizki yang diberikan olehNya. Rizki dalam konteks ini tidak hanya menyangkut harta kekayaan tetapi juga meliputi anugerah-anugerahNya yang lain seperti anugerah ilmu. 

Demikianlah mereka tidak mengenal kejenuhan dalam mengembangkan dan menyebarkan anugerah-anugerah tersebut, termasuk juga anugerah ilmu. Para ulama dalam menggerakkan perekonomian, tidak membabi buta. Sebab mereka memahami tidak semua aktifitas ekonomi selalu sejalan dengan tuntunan Allah. 

Dari konteks inilah orang harus dapat memahami bahwa para ulama sangat hati-hati dalam menggali berbagai hukum yang menyangkut aktifitas ekonomi ini, sehingga sering dipandang sebagai penghambat laju perekonomian. Kasus tentang hukum bunga bank misalnya, sebagian mereka mengharamkan, sebagian memandang syubhat, dan sebagian membolehkan. 

Untuk yang mengharamkan atau menganggap syubhat, tidak jarang dipandang sebagai penghambat perkembangan ekonomi moderen. Dewasa ini peran mereka dalam menggerakkan ekonomi, banyak ditemukan dalam organisasi-organisasi sosial keagamaan. 

Di persyerikatan Muhammadiyah misalnya, melalui berbagai program ekonominya telah banyak dibuka toko-toko swalayan yang diberi nama Markaz, dan telah diterbitkan semacam ATM sekaligus Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah bagi anggotanya, atau Kartu Tabungan Muslim bagi yang bukan, yang keduanya disingkat Katam, hasil kerja sama dengan BNI.

Demikian pula di beberapa tempat telah dibuka sejumlah perbankan berdasar-kan prinsip-prinsip syari’ah. Tentu saja hasil dari semua ini tidak dapat segera disaksikan dalam tempo yang singkat, masih memerlukan waktu. 

Sementara itu dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan bidang-bidang lainnya di persyerikatan Muhammadiyah sekalipun bukan dimaksudkan untuk pengembangan ekonomi, tetapi secara tidak langsung semua itu juga tidak dapat lepas dari aspek ekonomi. Keberadaan pondok pesantren secara langsung atau tidak juga turut menggerakkan ekonomi, khususnya terhadap berbagai usaha ekonomi baik di dalam maupun di sekitarnya. 

Dalam kaitannya dengan ini orang tidak dapat mengabaikan peran ulama yang di Indonesia telah berhasil meletakkan sendi-sendi kepesantrenan, yang selalu menekakankan kemandirian hidup para santrinya. Dengan prinsip kemandirian ini, jika mereka tamat belajar dari pesantren, mereka telah terbekali dengan etos kewirausahaan dan tidak jarang mereka ini kemudian menjadi pengusaha-pengusaha yang sakses tanpa harus terjerumus ke dalam wilayah-wilayah usaha yang di larang oleh Islam. 

Munculnya disiplin ekonomi Islam, di berbagai perguruan tinggi, termasuk di banyak institusi pendidikan tinggi yang tidak menggunakan nama dengan simbol Islam, juga tidak lepas dari peran para ulama. Kajian tersebut tidak hanya pada tingkat strata satu, tapi juga di pascasarjana. Karya tulis di bidang ekonomi Islam ini sekarang berkembang sangat pesat. 

Ini tentu saja salah satu bentuk peran para ulama dalam mengembangkan kajian ekonomi Islam tersebut. Di bidang perundang-undangan, sekarang ini sedang diupayakan untuk mengatur bank syariah yang dalam hal ini para ulama juga turut memberikan pemikirannya yang didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi Islam seperti dijelaskan di atas.

Dari uraian di atas, disimpulkan bahwa para ulama mempunyai peran yang signifikan terhadap berbagai upaya menggerakkan aktifitas perekonomian berdasarkan prinsip-prinsip yang digariskan oleh Islam. Peran tersebut dilakukan dalam berbagai segi: 
  1. meletakkan prinsip-prinsip dasar ekonomi Islam; 
  2. mengapli-kasikannya dalam kehidupan secara nyata baik secara personal maupun dalam bentuk organisasi keagamaan; 
  3. melakukan kajian yang kemudian menghasilkan disiplin ilmu ekonomi Islam; 
  4.  melibatkan diri secara aktif terhadap upaya pemerintah mengatur perekonomian bangsa. Wa Allah A’lam bi al-Shawab. Malang, 14 September 2002.
Oleh: Dr. M. Sa’ad Ibrahim, M.A.
12.22

Tradisi Filantropi Islam yang Berkembang di Indonesia

Filantropi

Wkyes - Tradisi filantropi Islam yang berkembang di Indonesia, masih sangat didominasi oleh kuatnya pengaruh motif-motif dan tujuan keagamaan. Dominasi itu tergambar bukan hanya dalam wacana yang dilontarkan, lebih dari itu meliputi pula praktik yang diaktualkan. 

Tafsiran klasik terhadap doktrin-doktrin keagamaan tentang apa dan bagaimana berderma masih menjadi arus pikiran utama, sehingga aktualisasinya tidak beranjak jauh dari upaya-upaya filantropi yang karitatif sifatnya. 

Aktivitas berderma yang berhenti hanya sebagai tindakan karitas (memberi semata-mata) dianggap amat rentan jatuh pada sekadar tindakan yang dipertahankan hanya untuk sebuah prestise, dimana relasi tinggi-rendah status sosial mutlak ditentukan dan hanya memihak kepada pihak pemberi saja. 

Dalam konteks yang lebih luas, kegiatan beramal atau berderma semacam ini, tetap saja melanggengkan struktur antara yang kuat dan yang lemah (melestarikan relasi kuasa-menguasai). Apalagi, dalam banyak kasus dimana bentuk karitas dilakukan, pihak penerima kesulitan mengalami emansipasi (kemampuan) keluar dari status yang dilakoninya. 

Dengan paradigma yang masih bersifat tradisional, tipis sekali harapan akan terwujudnya cita-cita keadilan sosial. Buku ini menganjurkan agar seyogyanya lembaga-lembaga filantropi Islam di Indonesia bisa mentransformsikan dirinya menuju paradigma filantropi untuk keadilan sosial. 

Dalam dataran konsep, filantropi keadilan sosial berkaitan erat dengan usaha penguatan masyarakat sipil (civil society), serta upaya mewujudkan keadilan sosial (social justice), yang bertujuan merubah struktur masyarakat menjadi adil dan demokratis. Ia merupakan kegiatan yang memadukan sentimen moral sekaligus upaya transformasi masyarakat dalam wujud tindakan sosial. 

Filantropi untuk keadilan sosial lebih menekankan pada upaya mengeliminasi atau merubah struktur relasi kuasa yang timpang, yang—sebagaimana dikatakan Abdullahi Ahmed An-Naim—implementasinya dapat berupa mendorong lahirnya kebijakan publik yang efektif, sehingga partisipasi politik, distribusi sumber daya yang adil, ketetapan layanan esensial secara demokratis, dapat dirasakan semua pihak. Praktik filantropi ini lebih diarahkan guna mempengaruhi kebijakan publik untuk memecahkan problem sosial, dimana muasal segala akar permasalahan sosial dapat diatasi. 

Oleh karena itu, perbedaan antara filantropi tradisional dengan filantropi untuk keadilan sosial sering disebut-sebut sebagai kegiatan “pelayanan versus advokasi”, yaitu antara upaya mengatasi gejala akibat permasalahan sosial versus upaya mengatasi akar permasalahan sosial. 

Masalah yang menghinggapi lembaga filantropi Islam di Indonesia bukan hanya dalam tataran konsep yang perlu revitalisasi, tetapi juga menyangkut adanya dualisme struktur kelembagaan antara BAZIS dan LAZIS, yang sama-sama berusaha merebut kepercayaan publik. Dinamika keduanya amat ditentukan oleh relasi objektif masyarakat vis a vis negara. Terlebih, jika pemerintah berkuasa tengah mengalami delegitimasi dari masyarakat. 

Sebagai contoh, trend penurunan pendapatan yang dialami Bazis DKI Jakarta pada masa awal reformasi ternyata tidak diikuti oleh lembaga-lembaga LAZIS, yang justru malah mengalami kenaikan pendapatan. Masih lemahnya akuntabilitas publik menjadi masalah paling serius yang dihadapi lembaga-lembaga filantropi

Islam di Indonesia, selain masih lemahnya kapasitas pengorganisasian dan manajerial. Meningkatnya angka kemiskinan dewasa ini merupakan indikator paling nyata dari ketidak adilan dan ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia. Anehnya, pundi-pundi pendapatan lembaga-lembaga filantropi Islam di Indonesia justru seakan berpacu seiring lajunya angka kemiskinan. 

Artinya, masih terdapat celah dimana cita-cita keadilan sosial tidak mendapat tempat. Sebab itu, reaktualisasi terhadap filantropi Islam nampaknya bukan lagi sekadar hal yang perlu, tetapi mendesak untuk segera dilakukan.
02.30

Cara Menjinakkan Kucing Liar Agar Menjadi Lucu dan Menggemaskan

Menjinakkan Kucing Liar
Wkyes - Halo Sob. Kali ini saya akan berbagi tentang cara merawat kucing liar yang suka datang secara tiba-tiba dan pergi tanpa permisi. Mungkin kalau datang dan perginya tidak membuat masalah anda tidak akan peduli dengan kehadirannya, tetapi biasanya kucing liar datang mencuri ikan dan pergi begitu saja tanpa meninggalkan tulang. Itu tentunya sangat menjengkelkan. 

Yang lebih menjengkelkan lagi adalah datang membawa buruan (tikus) dan pergi meninggalkan batang (tikus). Tentu itu sangat-sangat dan sangat menjengkelkan kan?

Daripada jengkel tak karuan lebih baik kita cari solusinya yaitu menjinakkan dan merawat kucing liar itu dengan baik sehingga bisa menjadi seekor kucing yang penurut.

Banyak juga pertanyaan yang datang dari temen-temen di luar sana, diantara pertanyaannya adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana cara membuat kucing liar menjadi kucing rumahan?
  2. Bagaimana cara menjinakan kucing persia?
  3. Bagaimana cara menjinakan kucing anggora?
  4. Bagaimana cara merawat kucing liar yang masih kecil?
  5. Bagaimana cara menjinakkan kucing galak?
  6. Bagaimana cara menjinakan kucing penakut?
  7. Bagaimana cara menjinakan kucing liar kecil?
  8. Bagaimana cara menjinakkan kucing kecil?
Dari berbagai pertanyaan di atas sebenarnya intinya sama yaitu menginginkan seekor kucing yang baik dan penurut.

Di artikel ini saya hanya membahas kucing liar saja, jika anda ingin membaca tentang cara merawat kucing yang lain anda bisa membaca artikel berikut ini :

  • Cara Merawat Kucing Persia
  • Cara Merawat Kucing Anggora
  • Lihat Gambar dan Harga Kucing Maine Coon di Penjualnya
  • Makanan Kucing Kampung

Baiklah saya akan membahas masalah  ini dengan pengalaman saya sendiri yaitu membuat kucing liar menjadi kucing penurut.

Karena tujuan anda adalah merawat dan menjinakkan kucing liar agar menjadi penurut gemuk dan menggemaskan, maka tentunya anda membutuhkan langkah-langkah yang harus anda lakukan dengan baik.

Berikut ini langkah-langkah untuk menjinakkan dan merawat kucing liar agar menjadi penurut:

Tahap 1 - Menjinakkan Kucing Liar

Dalam tahap ini yang harus anda lakukan adalah membuat kucing merasa nyaman dengan kehadiran Anda, Berikut ini adalah cara membuat kucing nyaman:

Membiarkan kucing tidur di tempat yang ia suka

Jika Anda melihat kucing liar tidur di rumah Anda dimanapun ia berada, biarkan kucing itu tertidur sampai ia bangun dengan sendirinya. Jangan di bangunkan apalagi di usir dengan air panas, itu akan membuat kucing liar lari ketakutan dan impian anda untuk menjinakkannya tak akan kesampaian.

Membiarkan kucing makan makanan yang sedang dimakannya

Jika anda melihat kucing liar yang sedang makan di rumah anda, biarkan ia menikmati makanannya sampai habis, sekalipun ia sedang menikmati makanan yang sedang anda simpan. Tahan dulu rasa jengkelnya, berikan kesempatan pada kucing yang kelaparan. Sudah kelewat dimakan jadi ikhlaskan saja.

Ini adalah kesempatan emas yang harus anda manfaatkan. Membiarkan kucing lair yang kelaparan akan menarik simpatik kucing liar tersebut karena merasa nyaman. Terkadang kucing akan lari jika ketahuan mencuri, maka dari itu jika anda menemukan kucing liar itu sedang memakan hasil curiannya, anda bisa melihat saja tidak mendekat, atau anda menjauh dari kucing tersebut.

Memberikan jatah makan 

Sisakan makanan anda untuk memberi jatah kepada kucing liar yang sering datang ke rumah anda. Jika anda melakukan hal ini secara terus menerus, maka akan membuat kucing liar tersebut akan sering datang ke rumah anda, disitulah interaksi akan terjadi. 

Berikan makanan setiap hari sampai seminggu full. Kemudian coba sesekali untuk tidak memberikan jatah makan, lihat apa yang akan terjadi. Jika kucing itu mendekati anda berarti anda sukses membuat kucing tersebut jinak, tetapi jika kucing tersebut hanya pergi tanpa permisi berarti anda belum sukses melakukannya. 

Jika anda belum sukses melakukannya, maka anda perlu mengulang dengan cara yang sama agar dapat menjinakkan kucing liar tersebut. Tetapi pada umumnya anda akan melihat kucing itu mendekati anda tanda dia meminta jatah makan.

Berikan pelukan dengan penuh kasih sayang

Ketika anda sukses membuat kucing itu mendekati anda, yang harus anda lakukan adalah mengelus dan memeluk kucing itu agar ia merasa lebih nyaman. Setelah itu tentunya anda tetap harus memberikan makanan agar kucing itu semakin nyaman dengan anda.

Tahap 2 - Merawat Kucing

Dalam tahap ini anda harus melakukan perawatan kucing secara intensif agar kucing menjadi berisi dan lucu menggemaskan.

Memberikan tempat tidur yang nyaman

Tempat tidur yang nyaman adalah tempat yang empuk, hangat, dan tidak diketahui lawan. Tempat nyaman seperti itu akan membuat kucing tidak mudah depresi ketakutan karena melihat lawan. Selain itu, kucing juga tidak rentan terkena penyakit sehingga kucing tetap terjaga kesehatannya.

Berikan makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi akan membuat sistem kekebalan tubuh kucing meningkat sehingga tahan terhadap berbagai macam ancaman penyakit, dengan makanan bergizi pula kucing akan tumbuh dengan maksimal dan terlihat gemuk menggemaskan. 

Memberikan mainan

Kucing yang suka tidur tentunya kurang menarik perhatian. Agar kucing terlihat lincah lucu menggemaskan, berikan sebuah mainan yang membuat kucing itu bergerak bebas dan tidak hanya diam tiduran. 

Selesai

Kesimpulan

Cara menjinakkan dan merawat kucing liar menjadi kucing penurut yang menggemaskan itu mudah. Intinya anda harus membuat ia nyaman dengan kehadiran anda, itu sudah lebih dari cukup karena sebenarnya kucing adalah makhluk yang manja.

Demikianlah tips menjinakkan dan merawat kucing liar yang bisa saya sampaikan. Semoga anda sedikit tercerahkan dengan adanya tips ini. Semoga bermanfaat.

Jika artikel ini anda rasa bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman anda agar mereka juga merasakan manfaatnya. Dan jika anda belum puas dengan artikel ini anda bisa meneruskan membaca dengan mengikuti link ini 

Terima kasih :)

Kata Kunci Terkait :  Berbagai jenis kucing, macam-macam kucing, ini kucing ras, begini jenis kucing peliharaan, macam-macam jenis kucing, jenis, jenis-jenis kucing di indonesia, jenis-jenis kucing dan harganya, kucing di indonesia, Kucing russian blue, kucing exotic short hair, kucing persia himalaya, Kucing kampung.
02.09

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam Sesuai Petunjuk Alquran

Cara Menghilangkan Stress
Wkyes - Stres adalah masalah yang terlihat sepele namun efeknya sangat serius. Stres dapat menyebabkan seseorang tidak tahan dan ingin segera mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Namun jika kita menyadari ternyata dalam ilmu agama telah mengajarkan bagaimana Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam.

Di Artikel ini saya akan memberikan tips cara mengatasi stres. Simak Artikelnya.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dalam Sehari

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam

Kata Kunci : cara menghilangkan beban pikiran dan stress, cara menghilangkan depresi pikiran, doa hilangkan stress, cara menghilangkan stress dengan cepat, dzikir penghilang stres, cara mengatasi depresi menurut islam, cara menghilangkan stres bersama pasangan, cara menghilangkan pikiran negatif dalam islam

Untuk mengatasi stres tentunya kita harus mengetahui dulu penyebabnya. Apa saja kira-kira penyebabnya? Inilah penyebab stres yang umum dialami oleh kebanyakan orang.

Kepikiran Banyak Hal

Pernahkan kepikiran sesuatu yang sebenarnya tidak ingin Anda pikirkan? Memikirkan tugas rumah padahal masih di sekolah misalnya. Atau memikirkan tugas sekolah padahal masih di rumah. Untuk Anda yang sudah menjadi orang tua memikirkan anak di rumah padahal masih kerja misalnya. Atau memikirkan kerjaan padahal masih di rumah.

Nah. Keadaan seperti ini adalah keadaan yang memaksa Anda untuk memikirkan hal yang seharusnya tidak Anda pikirkan. Anda memikirkan 2 pekerjaan sekaligus, yaitu pekerjaan yang sedang dikerjakan dan pekerjaan yang akan dikerjakan. Hal tersebut dapat menyebabkan pikiran Anda stres karena pikiran bekerja 2x lipat dan dengan arah yang berbeda.

Baca Juga : Cara Menenangkan Hati yang Lagi Galau

Janji yang belum ditepati

Janji adalah hutang dan hutang harus dibayar. Mengucapkan janji akan membuat pikiran Anda selalu mengingatnya sampai kapanpun sebelum janji itu ditepati. Sama halnya dengan hutang, ketika belum dibayar akan terus terpikirkan kapan saja waktunya. Banyak berjanji kepada orang lain akan membuat Anda stres karena harus kepikiran setiap saat.

Baca juga : Cara Membuat Orang Lain Tidak Bisa Marah dengan Kita

Kurang Sehat

Tubuh yang tidak fit akan membuat performanya semakin menurun. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari menjadi kurang bergairah, dan jika dipaksakan untuk bekerja akan membuat daya tahan tubuh semakin melemah. Dipaksakan untuk berpikir juga membuat otak susah bekerja sehingga panas dan mudah stres.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit

Terlalu sering menggunakan otak kiri tanpa diimbangi dengan otak kanan.

Otak kiri untuk berpikir dan otak kanan untuk bersosialisasi. Otak kiri untuk mengasah IQ sedangkan otak kanan untuk mengasah EQ dan SQ. IQ tanpa EQ dan SQ akan membuat pikiran selalu berpikir realistis. Jika IQ digunakan untuk menghadapi sesuatu yang diluar jangkauan akal, bisa jadi pikiran akan menolak sehingga stres.

Baca juga : Cara Mengasah Kemampuan Diri

Diganggu Syetan

Setan adalah sesuatu yang mengajak pada keburukan. Setan bisa berwujud manusia, ataupun dari kalangan jin. Sesuatu yang membuat Anda was-was itu berasal dari setan. Was-was adalah salah satu penyebab pikiran Anda stres, tidak fokus, dan merusak pikiran.

Penyebab-penyebab di atas adalah masalah yang sebenarnya terjadi. Dan setelah mengetahui masalahnya, sekarang masuk ke pembahasan cara mengatasinya.

Baca Juga : Tips Nyaman Sholat Berjamaah di Masjid

Dari penyebab-penyebab tersebut kita bisa mengatasinya dengan cara berikut ini :

Fokus

Jangan pikirkan sesuatu yang belum saatnya Anda pikirkan. Anda harus tau mana yang harus dikerjakan dulu dan apa yang harus di akhirkan. Dengan cara fokus pikiran Anda akan tenang karena tidak memikirkan 2 masalah secara bersamaan.

Cara agar fokus itu mudah yaitu dengan cara membuat jadwal dan kerjakanlah aktivitas sesuai dengan jadwal. Tanpa jadwal tentunya Anda akan susah fokus karena tidak bisa memperkirakan pekerjaan akan selesai kapan waktunya.

Baca Juga : 3 Langkah Ini Bisa Membuat Anda Sukses

Segera Bayar Hutang dan Jangan mengulanginya lagi

Membayar hutang akan mengurangi beban pikiran Anda yang selalu setiap hari terus memikirkan. Membayar hutang akan membuat hidup Anda terasa seperti merdeka meskipun tidak punya uang. Cara biar cepat membayar hutang adalah berdoa, bekerja keras, dan pasrah.

Baca Juga : Cara Berinvestasi di Waktu Luang

Perilaku hidup bersih dan sehat

Terkadang kita menyepelekan sarapan pagi dan lupa makan siang serta ketiduran untuk makan malam karena kelelahan. Budaya seperti ini sebisa mungkin untuk ditinggalkan. Mulailah makan yang teratur, makan makanan yang sehat, membersihkan rumah tempat kerja dan tempat-tempat yang biasa disinggahi. Dengan melakukan itu maka stres semacam itu akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Agar Tetap Fresh Ketika Banyak Aktivitas

Berpikir Porposional

Berpikir tak selamanya harus bisa diterima secara akal. Kadang kita tidak perlu memikirkan, tetapi meyakini. Kita tak mungkin bisa berpikir Bentuk Sang Pencipta Jagat Raya seperti apa. Jadi harus berpikir sesuai dengan tempatnya. Tempatkan pikiran dengan semestinya.

Baca Juga : 3 Cara Menemukan Jati Diri

Lakukan sekarang dan jangan tunda-tunda

Melakukan sesuatu dan tidak terlalu lama berpikir adalah cara tepat untuk mengatasi was-was karena bisikan setan. Melakukan sesuatu dengan sesegera mungkin sesuai jadwalnya juga membuat kita fokus dengan pekerjaan.

Baca Juga : Prinsip Mengoptimalkan Potensi Diri

Solusi-solusi tersebut mampu menjawab masalah-masalah stres tingkat ringan. Untuk masalah stres tingkat berat tentunya ada satu langkah lagi yang harus Anda lakukan yaitu taat pada perintah Allah SWT dengan berpedoman pada Alquran, kitab petunjuk jalan menuju surga.

Dalam Islam telah diajarkan bagaimana hidup yang baik dan benar. Berikut ini adalah Cara Menghilangkan Stres Pikiran Menurut Islam sesuai petunjuk dalam Alquran.

Tidak Melakukan Dosa Syirik

Syirik adalah perbuatan yang menyekutukan Allah. Syirik termasuk dosa yang tidak akan diampuni dan membuat orang yang melakukannya tidak bisa masuk surga jika tidak bertobat sebelum ajalnya.

Balasan bagi orang yang melakukan syirik juga akan dirasakannya di dunianya sebelum ajalnya. Stres adalah termasuk salah satu akibat yang dirasakan oleh pelaku syirik, dan juga dapat berimbas pada keturunannya. Salah satu perbuatan syirik adalah melakukan ikatan perjanjian antara manusia dengan jindan inilah yang bisa membuat orang menjadi stres.

Baca Juga : Tafsir Jalalain Indonesia

Ingatlah Bahwa Allah Maha Pengasih

Kasih sayang Allah tak memandang statusnya. Semua makhluk hidup di dunia ini sudah diberi jatah rezeki sendiri-sendiri. Maka jika kita stres karena belum diberi rezeki, ingatlah bahwa Allah akan segera memberikan rezeki secepatnya. Jika stres karena banyak masalah, maka ingatlah bahwa Allah bersama orang-orang yang sabar. Ingatlah, Allah Maha Segalanya.
Baca Juga : Kisah Kesuksesan 3 Pemuda yang Fisiknya Kurang Sempurna

Sholat Dhuha dan Sholat Tahajud

Sholat Dhuha akan memperlancar rezeki, bahkan balasan orang yang sholat dhuha 4 rakaat akan diberikan sore hari setelah sholat pada pagi harinya. Sedangkan Sholat tahajud adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam malam hari, dan setelah sholat tahajud adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Baca Juga : Terkadang Sukses Berawal dari Keterpaksaan

Bersyukur dan Pasrah Atas Rezeki

Bersyukur adalah salah satu cara untuk membuat kita bahagia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa orang yang paling bahagia adalah orang yang paling pandai bersyukur.

Sedangkan pasrah adalah salah satu upaya untuk mengakui bahwa kita adalah makhluk yang lemah dan tidak berdaya tanpa kekuatan dari Allah SWT (Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah - Tiada daya kekuatan apapun selaim dari Allah SWT). Dengan pasrah maka kita mampu meredam segala pikiran sekalipun stres tingkat berat.

Baca Juga : Hidup untuk Dijalani Bukan Disesali

Kesimpulan

Cara mengatasi stres menurut Islam adalah dengan cara melakukan segala perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya, serta melakukan semua hal sesuai dengan petunjuk yang bersumber dari Alquran, hadist, Ijma' dan Qiyas.