Mengenal Kampus IAIN Pekalongan Lebih Dekat

Gambar desain kampus IAIN Pekalongan di kajen
masnasih.com - Institus Agama Islam Negeri Pekalongan atau yang disingkat dengan IAIN Pekalongan adalah salah satu perguruan tinggi keislaman negeri (PTKIN) di bawah naungan menteri keagamaan yang berada di Pekalongan. IAIN Pekalongan adalah tempat dimana saya kuliah. Tempat ini sangat nyaman dan semakin hari semakin bikin penasaran. Tentunya kamu penasaran juga kan? Tenang saja saya akan bercerita sedikit banyak tentang IAIN Pekalongan dan apa yang ada di dalamnya.

Mengenal Kampus IAIN Pekalongan - Kampusku Tercinta dan Luar Biasa

    Sejarah IAIN Pekalongan

    Saat saya masuk ke kampus ini pada 2015 statusnya masih STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri). Dan ketika saya melangkah ke semester 3 kampus ini beralih status menjadi IAIN Pekalongan. Semester 1, 2 dan 3 saya kuliah ada di kampus 1 Jalan Kusuma Bangsa Kota Pekalongan. Semester 4, 5 di kampus 1 yang belakang Jalan Kusuma Bangsa Kota Pekalongan. Semester 6 Cuti, Semester 7 kuliah di kampus 2 gedung baru di Rowolaku Kajen.

    Banyak sekali cerita yang menjadi kenangan sendiri di setiap semester yang saya lewati. Suka duka, telah terlewati semua di kampus 1. Kini sudah pindah ke kampus 2 yang bangunannya lebih asik, lebih nyaman, lebih hening karena jauh dari jalanan, masih asri dan fasilitasnya lebih memadai dibandingkan dengan kampus 1.

    Inilah sejarah IAIN Pekalongan Versi saya hehe.. Untuk yang versi aslinya bisa lihat di website iainpekalongan.ac.id

    Hymne IAIN Pekalongan

    Ini adalah video + Lirik Hymne IAIN Pekalongan yang saya buat untuk mempermudah temen-temen menghafal sekaligus bisa dijadikan untuk keperluan acara-acara seminar dsb.

    Foto IAIN Pekalongan

    Ini adalah foto dari atas kampus 1 IAIN Pekalongan, Gedung Rektorat
    Gambar Gedung Rektorat IAIN Pekalongan

    Ini rencana pembangunan di Rowolaku Kajen, Pintu masuk kawasan IAIN Pekalongan
    Gambar Pintu Masuk IAIN Pekalongan
    Desain rencana pembangunan
    Gambar desain kampus 3 iain pekalongan
    Ini Gedung FEBI IAIN Pekalongan yang ada di Rowolaku km 5 Kajen Kab. Pekalongan. Salah satu gedung yang sudah jadi. Dan sekarang di sebelahnya juga sudah dibangun Gedung FTIK yang sudah hampir jadi. Kemungkinan Semester depan sudah bisa dipakai.
    Gambar Gedung FEBI IAIN Pekalongan yang sudah jadi

    Pendaftaran IAIN Pekalongan

    Untuk mendaftar kuliah di IAIN Pekalongan ada 5 jalur yang bisa kamu lalui yaitu
    1. Jalur Bidik Misi (Off Line/Manual)
      Kalo dulu jalur bidik misi tidak ada. Akan tetapi setelah masuk kuliah baru ada beasiswa bidikmisi. Untuk informasi terupdate mungkin akan saya cari infonya dulu.
    2. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN)
      Jalur SPAN PTKIN dilakukan dengan cara online tanpa test tertulis. Sistemnya seperti SNMPTN. 
    3. Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)
      Untuk Jalur UM-PTKIN dilakukan secara test tertulis seperti SBMPTN.
    4. Jalur Ujian Mandiri
      Jalur ini biasanya yang terakhir karena dilakukan setelah SPAN dan UM Serta Jalur Minat dan bakat. Ada tes tertulisnya.
    5. Jalur Penelusuran Bakat dan Minat
      Jalur ini adalah dikhususkan bagi calon mahasiswa yang berprestasi. Biasanya prestasi yang diutamakan adalah prestasi individu, bukan kelompok. Misalnya juara lomba olimpiade matematika Se-indonesia. Jalur ini tanpa seleksi test tertulis.

    Profil IAIN Pekalongan

    Untuk melihat profil IAIN Pekalongan silakan bisa langsung lihat video di bawah ini

    Fakultas dan Jurusan IAIN Pekalongan

    Ada 5 Fakultas dan 21 jurusan yang ada di IAIN Pekalongan meliputi Sarjana dan Pascasarjana

    Fakultas Syariah (FASYA)

    Terdiri dari 3 jurusan yaitu :
    1. Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)
    2. Hukum Ekonomi Syari'ah (Mu'amalah)
    3. Hukum Tata Negara Islam (Siyasah Syar'iyyah)

    Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan (FTIK)

    Terdiri dari 6 Jurusan yaitu :
    1. Pendidikan Agama Islam
    2. Pendidikan Bahasa Arab
    3. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    4. Pendidikan Islam Anak Usia Dini
    5. Tadris Bahasa Inggris
    6. Tadris Matematika

    Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah (FUAD)

    Terdiri dari 6 Jurusan yaitu :
    1. Ilmu Hadis
    2. Ilmu Al Qur'an & Tafsir
    3. Tasawuf & Psikoterapi
    4. Bimbingan Penyuluhan Islam
    5. Komunikasi Penyiaran Islam
    6. Manajemen Dakwah

    Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam (FEBI)

    Terdiri dari 3 Jurusan yaitu :
    1. Ekonomi Syari'ah
    2. Perbankan Syari'ah (S1)
    3. Perbankan Syari'ah (D3)
    4. Akuntansi Syari'ah

    Pascasarjana

    Terdiri dari 2 jurusan yaitu :
    1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
    2. Hukum Keluarga Islam (Akhwal Syakhsiyyah)

    Registrasi IAIN Pekalongan

    Registrasi di IAIN Pekalongan saat ini melalui Bank BTN. Jadi tidak harus ke kampus untuk membayar biaya registrasi. Tetapi bisa ke bank BTN dimanpun Bank itu berada.

    Biaya IAIN Pekalongan

    Biaya pendidikan di IAIN Pekalongan sekarang menggunakan UKT. Dulu saat saya masuk masih menggunakan sistem spp per semester dan saya masuk ke jurusan Ekos biaya per semesternya 850 ribu rupiah. Kalau sekarang bisa jadi mahal bisa jadi murah, tergantung dengan kebijakan IAIN Pekalongan. UKT bisa dilihat di di bawah ini.

    Organisasi Kemahasiswaan

    Berbicara tentang organisasi kemahasiswaan tentunya di IAIN Pekalongan sangat banyak sekali dari mulai Organisasi Intra Meliputi DEMA, SEMA, HMJ, UKM, dan UKK. Saya sendiri pada semester 2 mengikuti HMPS Ekonomi Syariah (Himpunan Mahasiswa Program Studi) yang sekarang sudah menjadi HMJ Ekonomi Syariah setelah alih status dari STAIN menjadi IAIN Pekalongan. Dan sekarang di semester 7 ini saya masuk ke Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI IAIN Pekalongan.

    Sebenarnya sejak pertama kali saya masuk kuliah niatnya ingin fokus ke kuliah, tapi ternyata di tengah jalan harus terpaksa oleh keadaan dan ikutlah menjadi bagian dari mereka. Alhamdulillah ada manfaatnya yang tidak didapatkan oleh mahasiswa yang tidak ikut organisasi.

    Dan Alhamdulillah di pengurusan yang hampir usai ini DEMA FEBI IAIN Pekalongan meraih prestasi yang gemilang yaitu sejumlah 4 pengurus mendapatkan penghargaan prestasi non akademik pada tahun 2018 ini termasuk di dalamnya adalah Ketua Umum dan 3 koordinator divisi di DEMA FEBI IAIN Pekalongan. Ketua DEMA FEBI sendiri mendapatkan 2 kali juara di perlombaan tingkat nasional dan 3 lainnya mendapatkan 1 juara di even perlombaan tingkat nasional.

    Ini sangat luar biasa. Pada Even Jambore Ekonomi Syariah Internasional di UIN Banten beberapa bulan lalu, Delegasi FEBI IAIN Pekalongan membawa 3 Piala kejuaraan dari 5 cabang lomba. Yah.. ini sangat luar biasa. Walaupun statusnya masih baru IAIN tetapi tak kalah saing dengan Universitas-universitas lain yang sudah terkenal.

    Ini masih di lingkup organisasi mahasiswa FEBI saja. Belum lagi organisasi-organisasi lainnya dan juga bakat-bakat mahasiswa yang lain. Tentunya sangat banyak prestasinya. Itulah yang menjadikan saya bangga dan sangat mencintai kampus tercinta ini dan tak ada kata minder untuk bersaing dengan mahasiswa kampus lainnya.

    Ya mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan. Mungkin jika ada perubahan data akan saya update lagi postingan ini. Semoga Artikel Mengenal Kampus IAIN Pekalongan Lebih Dekat  ini dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin masuk kuliah disini. Jangan ragu untuk memilih kuliah disini karena sekarang fasilitas dan pelayanannya semakin baik daripada sebelumnya dan akan terus diperbaiki.

    Baca Artikel Inspiration Lainnya.

    Comments

    Popular Posts