Tips Membuat Cerita di Wattpad yang Menarik

Tips Cerita Wattpad Menarik
masnasih.com - Wattpad adalah media untuk ajang eksis di dunia para penulis. Untuk eksis di dunia ini tentunya harus bisa membuat tulisan yang menarik. Maka tak heran jika banyak wattpaders yang mencari Cara Membuat Cerita di Wattpad Agar Menarik. Di Artikel ini saya akan memberikan tipsnya agar Cerita Wattpadmu dibaca banyak orang karena keren.

Tips Membuat Cerita di Wattpad yang Menarik

Berikut ini adalah cara untuk membuat cerita wattpadmu menjadi lebih keren.

Cover Cantik

Cover atau sampul cerita adalah cara termudah untuk membuat sebuah cerita terkesan menarik. Biasanya orang akan memandang sebuah sampul dulu sebelum membaca. Jika sampulnya cantik maka orang itu akan membuka ceritanya.

Cover yang cantik adalah cover yang dapat menggambarkan ilustrasi dalam cerita. Desain cover menyesuaikan genre cerita. Jika genrenya paranormal mungkin lebih pasnya menggunakan background gelap, dan jika genrenya romance mungkin pasnya pakai background cerah.
Foto di setiap Part/bagian

Foto adalah cara mudah membuat visualisasi yang indah. Biasanya orang akan memvisualisasikan cerita sesuai dengan keinginannya, jika visualisasinya tidak pas, maka cerita itu akan terlihat kurang menarik. Maka dengan foto yang kita tampilkan akan menggiring pembaca untuk memvisualisasikan cerita sesuai dengan keinginan kita.

Misalnya cerita tentang percintaan, kita kasih foto artis terkenal atau orang yang ganteng dan cantik di sebuah taman yang indah menawan misalnya. Ini akan membuat pembaca akan memvisualisasikan cerita sesuai dengan gambar. Jika tanpa foto kemungkinan akan berbeda visualisasinya.

Tulisan sesuai EYD

Tulisan yang baik akan membuat pembaca merasa nyaman. Banyak penulis pemula yang mengabaikan hal ini. Tulisan yang sesuai EYD akan membuat cerita menjadi menarik walaupun mungkin ceritanya masih belum tertata rapi. Apalagi kalo tulisannya baik dan ceritanya sudah tertata rapi, tentunya akan semakin menarik lagi di mata pembaca.

Saya sering membaca cerita di wattpad yang tulisannya kurang memperhatikan EYD sehingga walaupun ceritanya bagus jadinya males buat bacanya. Jadi ini harus diperhatikan betul agar cerita yang dibuat menjadi benar-benar menarik.
Alur yang Mudah di Pahami

Alur cerita juga merupakan poin yang perlu diperhatikan dalam menulis cerita agar menarik. Pastikan pembaca dapat memahami alur ceritanya dengan baik. Jelaskan sejelas-jelasnya dalam cerita agar pembaca dapat mengikuti alur ceritanya. Jika pembaca gagal membaca alurnya, maka mereka akan kebingungan dalam membacanya.

Saya juga sering membaca cerita yang alurnya maju mundur, tetapi teksnya kurang mampu menjelaskannya sehingga saya kebingungan, ceritanya banyak flashbacknya.

Problem Terkini

Buatlah cerita yang uptodate sesuai dengan fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini namun dikemas dengan jebakan-jebakan manis. Jadi jangan sampai cerita kita bisa ditebak alurnya. Sajikan masalah-masalah yang uptodate tetapi buatlah inovasi yang belum pernah terpikirkan oleh orang.

Misalnya kita bercerita tentang permasalahan di Indonesia saat ini, namun kemasan ceritanya di luar dugaan. Terjadi gempa yang terus terjadi di lombok, penyebabnya adalah naga raksasa misalnya. Ya intinya adalah buatlah pembaca penasaran dan tidak bisa menebak cerita kita, itu adalah salah satu kunci membuat cerita di wattpad agar menarik. untuk dibaca.

Masih banyak tips lainnya yang belum saya sampaikan. Tetapi dengan beberapa hal di atas jika dilakukan dengan baik maka akan menghasilkan cerita wattpad yang menarik. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya.

Comments

Popular Posts