Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Gambar Daftar Isi Otomatis TOC di Ms Word

masnasih.com - Cara membuat daftar isi otomatis di ms word ternyata sangat mudah. Dulu saya sangat kesusahan ketika ingin membuat daftar isi di karya tulis yang saya kerjakan. Ketika saya kuliah di semester 1 mendapatkan materi tentang cara membuat daftar isi atau lebih tepatnya adalah membuat format daftar pustaka yang baik dan benar. Namun saat itu dosen saya tidak mengajarkan tentang cara membuat daftar isi secara otomatis.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word

Saya sendiri baru mengetahui ada fitur dari ms word yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daftar isi secara otomatis. Selain daftar isi secara otomatis juga bisa membuat daftar pustaka secara otomatis. Saya merasa sangat ketinggalan, Justru teman-teman saya yang sudah tahu lebih dulu. Namun demikian saya rasa masih banyak orang yang belum mengetahui hal yang demikian, maka di postingan ini saya ingin berkontribusi untuk ikut membuat tutorial membuat daftar isi secara otomatis di ms word.

Langsung saja kita masuk ke tutorialnya.

Tampilan Daftar Isi Otomatis Ms Word

Lihat gambar di bawah ini dulu. Ini adalah contoh sederhananya.
Gambar Daftar isi

Daftar isi di atas adalah dibuat secara otomatis dengan mengambil data dari sub bab yang ada di dalam materi tersebut. Di bawah ini adalah contoh sub bab yang diambil.
Gambar Sub Bab Daftar Isi

Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis Ms Word

Setelah mengetahui konsep dasarnya maka kita lanjutkan ke tutorialnya
  1. Buka ms wordnya yang sudah ada kontennya. Dan siap diberi daftar isi.
  2. Pilih menu references
  3. Table Of Content
  4. Pilih yang atas. Coba lihat gambar di bawah iniGambar Table Of Content
  5. Maka akan muncul seperti iniGambar Format TOC
  6. Memunculkan daftar isi. Untuk memunculkan daftar isi, Anda harus merubah tiap bab dengan format h2 dan untuk sub bab menggunakan format h3.  Seperti ini gambarnya.Gambar Cara TOC 1
  7. Setelah mengganti bab dengan h2 maka kita lihat hasilnya di daftar isi. Gambar TOC 2
  8. Dan ternyata belum muncul babnya. Cara memunculkannya adalah dengan tekan update table.
  9. Setelah Update Maka akan muncul menunya seperti ini.Gambar TOC 4

Tips

Untuk membuat daftar isi secara lengkap, maka Anda bisa melanjutkan mengisi semua table dengan mengganti bab menjadi h2 dan sub bab menjadi h3, lakukan seperti cara di atas, sampai semuanya menjadi daftar isi.

Biasanya dengan menggunakan daftar isi seperti ini kontennya akan berubah, sehingga Anda harus mengatur ulang setelah semuanya sudah di atur.

Begini Hasilnya

Inilah hasil dari daftar isi yang dibuat secara otomatis
Gambar Hasil TOC

Nah seperti itu table of content atau daftar isi yang sudah jadi dan diatur rapi.

Video Tutorial Membuat Daftar Isi Otomatis Ms. Word

Saya kira sudah cukup jelas ya tutorialnya. Jika belum jelas maka Anda bisa melihat video di bawah ini.

Nah, semakin jelas, kan?

Demikianlah Artikel tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word. Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Tips dan Trik Lainnya

Comments

Popular Posts