Tulisan Arab Al Fatihah

masnasih.com - Berbicara Tentang Tulisan Arab Al Fatihah, saya teringat banyak kejadian yang sangat luar biasa ketika membaca surat Al fatihah. Biasanya saya membaca surat ini ketika sedang dalam perjalanan menuju kampus. Saya baca berulang-ulang mula-mula biasa saja, tetapi setelah kesekian kalinya saya mulai mendalami maknanya dan air mata mulai keluar tak terbendungkan.

Tulisan Arab Al Fatihah

Suatu ketika saya membaca surat al fatihah ketika di perjalanan dan berdoa berharap agar dibukakan pikiran, dimudahkan menerima pelajaran, di lembutkan hati ini yang terasa gersang. Dan saya mulai merasa terharu sampai meneteskan air mata. Ketika saya semakin mendalami maknanya, saya semakin menangis sejadi-jadinya.

Makna Al-Fatihah

Ada beberapa makna yang saya rasakan dalam surat al fatihah ini, yang pertama adalah ayat pertama yang berbunyi bismillahirrahmanirrahim artinya dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Saya sandarkan semuanya pada Allah, Saya sebut nama Allah untuk mengawali setiap sesuatu. Semuanya saya sandarkan kepadanya.

Yang kedua adalah ayat kedua dari Al fatihah yaitu alhamdulillahi robbil 'alamin yang artinya segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Tiada Tuhan di semesta alam ini kecuali Allah SWT. Allah Maha Esa, Tiada Tuhan Selain Dia.

Yang ketiga adalah ayat ketiga yang isinya Ar Rahmanirrahim Dalam kehidupan sehari-hari ketika saya melakukan dosa, Allah tetap memberikan rezeki, orang yang musyrik juga diberi rezeki, orang yang jahat diberi rezeki, inilah tanda Allah maha pengasih (Ar Rahman). Dan saya berpikir mungkin di saatnya nanti Sifat Ar Rahim Allah akan lebih dahsyat dan lebih nikmat dari pada sifat Ar Rahmannya yang terbatas di dunia.


Yang ke empat adalah ayat ke empat yaitu maliki yaumiddin artinya yang memiliki hari pembalasan. Allah adalah raja di atas semua raja di dunia. Allah yang akan menghakimi seluruh perilaku yang diperbuat oleh makhluknya. Allah adalah pemilik dunia ini. Saya adalah makhluk yang harus taat kepada-Nya. Saya hanyalah makhluk yang mengikuti takdirNya.

Yang kelima ialah ayat kelima yang berisi Iyyaka Na'budu waiiyaka nasta'in, artinya hanya kepadaMu lah kami menyembah dan hanya kepada Mu lah kami memohon pertolongan. Saya merasa bahwa diri saya tidak bisa apa-apa tanpa pertolongan Allah. Allahlah yang menjaga saya, dari lahir sampai sekarang. Di saat membaca ini saya menangis karena merasa tidak punya kekuatan apapun tanpa Allah, sampai hati saya mengatakan Laa haula Walaa quwwata Illaa Billaah, tiada daya kekuatan apapun kecuali dari Allah SWT.

Yang keenam adalah ayat ke enam yang berbunyi Ihdinashshiratal mustaqim yang artinya tunjukkanlah kami jalan yang lurus. Di saat saya membaca ini saya selalu berharap apa yang saya lakukan agar sesuai dengan syariat Islam. 

Yang ketujuh yaitu ayat ke tujuh yang isinya siratalladzina an'amta 'alaihim, ghairil maghdlubi 'alaihim waladldlallin. Artinya Yaitu jalan orang-orang yang engkau ridhoi, bukan jalan orang-orang yang engkau murkai. Di saat membaca ini saya berharap agar saya tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang menimbulkan dosa, terlebih lagi musyrik. Banyak sekali godaan-godaan yang selalu berlal-lalang di hadapan saya. Maka dengan berharap penuh kepada Allah, semoga semuanya tidak membua iman saya goyah.

Kaligrafi Al-Fatihah

Kaligrafi al fatihah
Demikianlah Artikel tentang Tulisan Arab Al Fatihah. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :

Comments

Popular Posts